Batam

Di Duga Narkoba Atau Mikol, Ternyata Handphone Ilegal

Juliadi | Senin 08 Oct 2018 23:32 WIB | 141

TNI


Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH


MATAKEPRI.COM, Batam - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH memimpin ekspose dalam pengungkapan dugaan penyelundupan 66 kardus yang berisi 2.358 Pcs Handphone dari semua merek, Senin (8/10/2018) di Markas Lanal Batam, Batu Ampar. 

Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH, mengungkapkan bahwa hari minggu tanggal 7 September 2018 Lanal Batam telah melakukan pengejaran, penangkapan dan penyidikan Speedboat yang membawa handphone ilegal informasi tersebut di dapat dari informasi masyarakat beberapa hari sebelumnya yang di tangkap intelijen TNI AL bersama Lantamal IV. 

"Pada awalnya informasi yang kita dapatkan bukan Handphone, informasi speedboat yang memuat narkoba atau Minuman beralkohol (Mikol), jadi mulai hari Jumat Tim kita sudah mulai masuk ke lokasi di daerah pulau Dangsi Kecamatan Sagulung, "ungkap Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH, kepada media setelah ekspose. 

Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH, juga mengatakan disana tim F1QR melakukan pengintaian di darat maupun di laut menggunakan speed cateran dari masyarakat di sekitar. Lalu informasi semakin menguat, kemudian pada hari sabtu mulai jam 8 tim kita sudah mulai stanby total di lokasi perairan maupun di darat. 

"Pada pukul 22 informasi semakin menguat karena adanya penggerakan unsur, terus di intai di situ, sekitar pukul 1 malam hari minggu dari agen kita dilapangan disitu ada speed yang dicurigai membawa narkoba atau Mikol meluncur keluar dari sungai, "kata Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH. 

Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH, melanjutkan beberapa speed yang di sembunyikan Tim F1QR di lokasi serta terjadi kejar - Kejaran, walaupun informasi yang di sampaikan tidak terlalu dekat. Kemudian speed masuk kedalam daerah Bakau di kejar di situ, sebagian dari Handphone tersebut yang di kotak - kotak di buang. 

"orangnya sudah lari dan ada kemarin usaha mau membakar barang bukti sudah di siram bensin, Anggota kita kesana orang - Orang sudah lari. Jejak - jejak tidak di temukan sama tim kita di situ, ujar Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH. 

Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, SH, menuturkan jam 3 hingga jam 4 subuh sudah clear semua disitu barang bukti diangkut, setelah di laporkan ke pimpinan serta Mendapatkan arahan untuk melakukan pembongkaran barang bukti dan juga mencari pemilik barang bukti tersebut. Informasi yang di terima Lanal Batam, pemilik Handphone tersebut bukan satu orang melainkan banyak orang. (Adi)