Batam

Diduga Sudah Lama Oknum SPBU Jual Solar ke Pihak Tertentu

Maman | Sabtu 22 Sep 2018 08:30 WIB | 4184

Pertamina


Pengisian solar. (ilustrasi)


MATAKEPRI.COM,  Batam -  Beberapa SPBU di Batam disinyalir menjual solar ke pihak -  pihak tertentu yang telah terorganisir sedemikian rupa,  akibatnya banyak pemilik kendaraan pribadi tidak mendapatkan solar. 

Padahal Pertamina dan instansi terkait telah mengeluarkan kartu pengendali BBM ( Fullcard) untuk membatasi penggunaan solar. 

Berdasarkan pantauan matakepri di lapangan, masih ada ditemukan mobil yang telah di modifikasi untuk melansir solar seperti yang terlihat di SPBU yang terletak di Jalan Radeh Fatah. 

Dimana pada Rabu(19/9/2018) sebuah mobil Lite Ace melakukan pengisian solar  yang diduga tanki mobil tersebut telah di modifikasi berkapasitas hingga 1 ton. 

Saat ditemui, petugas pengisian BBM mengatakan bahwa dirinya mengetahui kalau mobil tersebut mengisi solar melebihi kapasitas tanki mobil Lite Ice pada umum nya. Dan juga di akui petugas SPBU bahwa praktek tersebut telah berlangsung sudah lama. 

"Sebenarnya dilema bagi kami, karena yang membeli solar hanya yang memiliki kartu fullcard,  tapi anehnya kadang kami mendapati satu orang memiliki 5 kartu" ucap pegawai yang tidak ingin namanya di sebutkan. 

Melihat praktik mafia solar ini, maka tidak mengherankan jika keluhan terhadap kelangkaan solar sering di keluhkan oleh masyarakat. 

Kemudian petugas SPBU juga bernyanyi bahwa mafia solar yang sebenarnya adalah mafia yang mengambil jatah BBM subsidi kemudian dijual kembali kepada pihak swasta. 

Misalnya, salah satu BUMN mendapat jatah solar subsidi 100.000 ton maka diambil oleh oknum 30% untuk dijual kepada swasta ( mafia, red) dengan harga subsidi. ‌Lalu pihak mafia menjualnya ke perusahaan tambang dan lain-lain dengan harga BBM industri.

‌Reporter : Iwan Fajar

Editor : Irawan



Share on Social Media