International, News

Pentagon Melancarkan Nota Protes ke Rusia Setelah Pesawat Pembomnya Dianggap Memasuki Kawasanya

Topa | Jumat 14 Sep 2018 13:37 WIB | 18



Peawat pengeboman buatan rusia ( istimewa )


MATAKEPRI.COM - Pentagon melancarkan nota protes ke Rusia setelah pesawat pembomnya dianggap memasuki kawasan mereka. Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) mengerahkan jet tempur F-22 Raptor setelah mengidentifikasi dua pesawat pembom Tupolev Tu-95 Bear.

Pembom jarak jauh bermesin empat yang diproduksi di era Uni Soviet itu dikawal dua pesawat tempur Sukhoi Su-35. Dalam pernyataan NORAD dikutip AFP Jumat (14/9/2018), jet tempur F-22 memberikan peringatan bahwa Rusia berusaha melewati wilayah udara Amerika Serikat ( AS). Jet NORAD mengikuti pesawat Rusia itu hingga mereka keluar dari zona identifikasi pertahanan nasional, yang mencakup 320 kilometer dari Alaska. Dalam keterangannya, Negeri

Beruang Merah" bersikukuh bahwa pesawat mereka tidak melanggar zona AS maupun Kanada. Pembom dan Sukhoi itu sedang mengikuti latihan perang Rusia, Vostok-2018, yang diikuti 300.000 pasukan di kawasan timur Siberia. "Saya tidak yakin pesawat tersebut ikut Vostok-2018 meski saat ini latihan itu sedang berlangsung,

kata Komandan NORAD Jenderal Terrence O'Shaughnessy. Mei lalu, jet tempur AS juga mencegat dua bomber Rusia di kawasan udara sebelah barat Alaska. Kejadian yang sama juga terjadi di April 2017. Tu-95 terlihat di tiga tempat. Dua terlihat di dekat Aleutian dan satu pesawat berada di daratan utama Alaska sert Kanada.

Identifikasi pesawat pembom Rusia di Alaska merupakan yang pertama kali selama 2,5 tahun terakhir," ujar Pentagon saat itu.( *** )

Sumber : Kompas




Berita Terkait

Tidak ada berita terkait