Batam, Ekonomi

Curah Hujan Tinggi, IHK Mengalami Inflasi

Juliadi | Senin 10 Sep 2018 12:47 WIB | 55

Kebijakan


Gusti Raizal Eka Putra


MATAKEPRI.COM, Batam - Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID Kepri), sekaligus Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mengatakan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepulauan Riau diperkirakan akan mengalami inflasi karena curah hujan yang tinggi di bulan September ini, Senin (10/9/2018). 

Gusti Raizal Eka Putra, juga menjelaskan beberapa point untuk pengendalian inflasi oleh pihaknya telah merekomendasikan  Kerjasama Antar Daerah (KAD) yang telah disepakati serta mendorong KAD baru untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan makanan. 

Pihaknya akan melakukan pengawasan "Ketersediaan pasokan beras dikarenakan terdapat potensi kenaikan harga akibat peningkatan harga gabah di tingkat petani sejak Agustus 2018 lalu," ujar Gusti Raizal Eka Putra. 

Menurut, Gusti Raizal Eka Putra, cara yang bisa di lakukan untuk pengendalian inflasi dengan mengembangkan program urban farming, serta cabai merah dan mengintensifkan monitoring terhadap ketersediaan daging ayam ras serta perlu dibangun Pasar Induk beserta gudang. (Adi)