News, Politik

Jelang Pemilu, MUI Kota Batam Himbau Umat Islam Untuk Cerdas Dalam Memilih Dan Tidak Golput.

Maman | Jumat 24 Aug 2018 14:38 WIB | 165

Pencerahan
inspirasi


KH.Usman Ahmad Ketua MUI Kota Batam didampingi Santoso sampaikan himbauan terkait Pemilu, Jumat(24/8/2018). Istimewa


MATAKEPRI.COM, Batam - Perhelatan pemilihan umum (Pemilu) Legislatif dan Pemilu Presiden sudah semakin dekat dilaksanakan. Hiruk - pikuk terkait dengan perhelatan tersebut sudah semakin terasa di semua tingkat masyarakat di Kota Batam. 

Hiruk - pikuk di tengah masyarakat Kota Batam dalam menyambut pesta demokrasi 5 tahunan ini sudah mulai hangat di bicarakan, akan tetapi animo masyarakat secara umum masih dirasa kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah masyarakat yang menjadi pemilih tetap. 

Hal tersebut tentu menjadi perhatian bagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam yang dalam hal ini juga berkewajiban untuk turut mensukseskan pesta 5 tahunan tersebut. 

Berdasarkan rilis yang kirimkan oleh Sekretariat MUI Kota Batam kepada Redaksi Matakepri.com, Jumat (24/8/2018) siang, bahwa ada beberapa hal yang menjadi perhatian MUI Kota Batam terkait dengan perkembangan ditengah masyarakat saat ini. Oleh sebab itu MUI Kota Batam memberikan beberapa himbauan kepada masyarakat sebagai pemilih dalam pesta demokrasi nantinya. 

Dalam rilis tersebut, MUI Kota Batam menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, untuk turut serta mensukseskan dengan cara PROAKTIF mengecek serta mendaftarkan diri dan keluarga untuk menjadi Pemilih Tetap. Dimana dalam pelaksanaan Pemilu nanti, dihimbau untuk tetap menggunakan Hak Pilih nya atau tidak GOLPUT sesuai dengan Fatwa yang sudah dikeluarkan oleh MUI. Kepada Masjid dan Musholla kiranya dapat mengumumkan kepada para Jamaah dalam setiap kesempatan. 

Hal ini menjadi sangat perhatian mengingat batas waktu untuk mendaftarkan dan revisi pendaftar sudah semakin singkat, serta dalam rangka sosialisasi Fatwa MUI yang telah dikeluarkan terkait dengan penggunaan Hak Pilih dengan tetap menggunakan Hak Pilihnya alias tidak Golput. Ditambah lagi dengan banyaknya pemilih pemula yang dalam tahun depan semakin bertambah angkanya, dan juga berdasarkan pada pengalaman pemilu - pemilu sebelumnya yang menunjukkan angka Golput cukup tinggi.

Kemudian MUI Kota Batam juga menghimbau kepada seluruh Umat Islam, untuk dapat lebih melek, perduli dan cerdas dalam berpolitik, yakni dengan cara berperan aktif memberikan edukasi dan pembelajaran politik namun tidak pada tataran Politik Praktis. Menjadikan sarana Ibadah sebagai tempat pendidikan dan edukasi politik kepada masyarakat khususnya umat Islam namun tidak pada tataran politik praktis. 

Hal ini juga dirasa perlu mengingat bagaimana masyarakat untuk lebih melek, perduli dan cerdas dalam menentukan pilihan politiknya, jangan sampai masyarakat setelah menentukan pilihannya akan tetapi tidak mengetahui apa yang sudah dipilihnya. Begitu juga jangan sampai sarana ibadah menjadi sasaran tempat untuk melakukan politik praktis.

MUI Kota Batam dalam waktu dekat juga akan melakukan kegiatan sosialisasi bersama Bawaslu Kota Batam terkait dengan himbauan yang telah dikeluarkannya ini dengan berbagai komponen masyarakat. 

Dan hal ini juga telah di koordinasikan sejak awal kepada Bawaslu Kota Batam, untuk sama - sama bagaimana memberikan edukasi dan pendidikan politik kepada masyarakat. 

Terakhir MUI Kota Batam menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas Kota Batam, dengan bersama - sama memahami satu dengan yang lainnya, jangan sampai dikarenakan perbedaan pilihan malah menjadi perpecahan di tengah - tengah masyarakat. Mari jadikan perbedaan yang ada menjadi sebuah Rahmat untuk kita semua.(***)