Lingga

LSM-LBM Meminta Inspektorat lebih intensif Awasi Keneja Kades di Lingga

Maman | Sabtu 07 Jul 2018 13:09 WIB | 4288




MATAKEPRI.COM, Lingga - Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Bunda Melayu (LSM-LBM) meminta kepada Pemda dalam hal ini Inspektorat untuk intens melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Kades lingkup Pemkab Lingga. Hal itu dilakukan guna mengurangi terjadinya pelanggaran. 

Ketua LSM-LBM Hairul Anwar menyampaikan rekomendasi dari Inspektorat harus  lebih tegas kepada Bupati. Hal ini dinilai sangat penting untuk memberikan efek jera kepada Kepala Desa yang melakukan pelanggaran dengan tetap mengacu kepada aturan perundang-udangan yang berlaku.

"Terkait program bantuan keuangan pusat seperti Dana Desa maupun alokasi Dana Desa (ADD), kami harapkan agar dapat dilakukan pengawasan dan pembinaan, sehingga dalam implemetnasi dan penyelenggaraan pemerintah desa tidak terjadi masalah di kemudian hari’’, ujarnya.


Diketahui beberapa hari yang lalu inspektorat melakukan monitoring di empat desa yaitu Desa Kerandin, Desa Limbung, Desa Teluk dan Desa Pekake. 

Dari hasil pemeriksaan inpekstorat ditemukan banyak pelanggaran sehingga  diminta untuk segera mengembalikan uang negara.

"Inspektorat seharusnya rutin melakukan pemeriksaan jangan sampai masyarakat menilai inspektorat tebang pilih dalam pemeriksaan keuangan desa. Dan pembinaan terhadap aparatur desa sangatlah penting untuk upaya pencegahan", terangnya.

Adapun keempat Desa yang dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat adalah Kepala desa yang dinon aktif semetara oleh bupati terkait permasalah  terlibat dalam penerbitan surat kepemilikan lahan dari PT.CSA.(iwan) 



Share on Social Media