News, Politik

Menangkan Pilkada, Parpol Pendukung Jokowi Makin Percaya Diri

| Senin 02 Jul 2018 12:03 WIB | 3040



Parpol pengusung Jokowi (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Partai-partai pendukung Jokowi semakin solid dan percaya diri Jokowi bisa kembali menang di Pilpres 2019. Hal ini terbukti dari kemenangan parpol pengusung Jokowi dalam Pilkada Serentak.

Hasil hitung cepat tersebut dapat menjadi modal kuat Jokowi untuk kembali maju pada Pilpres 2019. Bahkan, partai pengusung Jokowi berada di posisi teratas yang paling banyak memenangkan pilkada tahun ini.

Dengan modal kemenangan di Pilkada 2018, Berikut partai pendukung Jokowi paling banyak memenangkan Pilkada 2018:

1. Partai Nasdem

Image result for Ridwan Kamil datang di deklarasi Nasdem

Sebagai salah satu partai pendukung Presiden Jokowi, Nasdem mampu menang dalam Pilkada 2018 di 11 provinsi. Menurut hitung cepat (quick count), pasangan cagub-cawagub yang diusung Nasdem menang di 11 provinsi dari 17 provinsi, yakni di Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, NTT, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Maluku.

2. Partai Golkar

Image result for Rakernas Golkar 2018

Golkar memenangkan cagub-cawagub di sembilan provinsi dalam Pilkada 2018. Golkar berhasil menang di Pilgub Jawa Timur, Pilgub Jawa Tengah, Pilgub Sumut, Pilgub Lampung, Pilgub Kalimantan Barat, Pilgub NTT, Pilgub Sultra, Pilgub Maluku Utara, dan Pilgub Papua.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, Pilkada Serentak 2018 yang banyak dimenangkan partai pendukung Jokowi membuat elektabilitas Jokowi semakin kuat. Walau dalam kenyataannya, partai pengusung Jokowi, PDIP, mengalami kekalahan di beberapa provinsi.

"Justru sebaliknya. Pilkada 2018 ini menegaskan Pak Jokowi semakin kuat karena partai-partai politik pendukung Pak Jokowi dapat memenangkan Pilkada 2018 ini," ucap Ace.

3. Partai Hanura

Related image

Partai lain pendukung Jokowi yang bersinar dalam Pilkada 2018 adalah Hanura. Partai itu berhasil memenangkan cagub-cawagub di sembilan provinsi, seperti di Pilgub Jawa Barat, Pilgub Jawa Tengah, Pilgub Jawa Timur, Pilgub Sumatera Utara , Pilgub Sumatera Selatan, Pilgub Bali, Pilgub NTT, Pilgub Maluku, dan Pilgub Papua.

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO), menengaskan pihaknya mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019. "Karena itu, Partai Hanura konsisten mendukung Bapak Ir. Joko Widodo untuk terus memimpin Indonesia sebagai capres 2019-2024," katanya.

4. PPP

Related image

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga berjaya dengan memenangkan Pilkada Serentak di tujuh provinsi. PPP memenangi Pilgub Jabar, Pilgub Jateng, Pilgub Jatim, Pilgub Kalbar, Pilgub Maluku, Pilgub Maluku Utara, dan Pilgub Papua.

Ketua Umum PPP M Romahurmuziy mengatakan, dengan partai pendukung Nasdem, Golkar, Hanura, dan PPP, menang di sembilan hingga 11 provinsi berdasarkan hasil hitung cepat. Hal ini, lanjut Rommy, menjadi modal politik yang sangat kuat untuk meneruskan kepemimpinan Jokowi pada periode yang kedua.

"Dengan hal-hal yang saya sebutkan tadi, saya meyakini bahwa Pak Jokowi Insyaallah 2019 akan memiliki amanah masyarakat dengan cara yang lebih mudah dibandingkan 2014, yang struggling-nya memang lebih berat," kata Romy. (**)

Sumber : lptn6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait