News, Ekonomi

Terima Opini WTP Dari BKK, Jokowi Harap LKPP Ada Perbaikan

| Senin 04 Jun 2018 12:56 WIB | 2611



Jokowi Harap LKPP Ada Perbaikan (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Jokowi telah menerima hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) 2017. Laporan tersebut disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). BPK pun memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).


"Syukur Alhamdulillah untuk dua tahun berturut turut pemerintah mendapatkan opini WTP dari BPK. Ini sungguh patut kita syukuri dan saya ucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh jajaran," kata Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Senin 4 Juni 2018.

Dari hasil audit tersebut ada dua entitas pemerintahan yang BPK tidak memberikan pendapat (TMP) atau disclaimer, yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Badan Keamanan Laut (Bakamla). 

Image result for Jokowi Harap LKPP Ada Perbaikan

"Tadi saya tanya (ke ketua BPK) siapa TMP, dua ini siapa. Satu KKP, dua Bakamla. Sekarang disebut, kami sekarang terbuka," kata Presiden Jokowi.

Meski kedua entitas itu disclaimer, Jokowi melihat secara umum bahwa ada peningkatan entitas pemerintahan yang mendapatkan opini WTP. Pada 2016, ada 74 entitas yang mendapatkan WTP. Sementara itu, untuk LKPP 2017 meningkat menjadi 80 entitas. 

Sementara itu, yang mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) pada 2016 sebanyak 8 entitas. "Di 2017 (mendapatkan WDP) masih 6. Dan mendapatkan TMP menurun, 2016 ada 6, 2017 masih ada 2," kata Jokowi.

Dengan masih ada yang WDP dan disclaimer itu, Jokowi pun berharap LKPP 2018 akan ada perbaikan. Para menteri dan pejabat di lembaga terkait diminta memperhatikan serius masalah ini.  

"Saya sangat berharap jumlah entitas yang mendapatkan WTP bertambah. Yang mendapatkan WDP dan TMP akan hilang, enggak ada," ungkapnya. (**)

Sumber : viva



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait