Otomotif, News

Ban Tiba-Tiba Kempes, Apa Masih Bisa Berjalan Jauh?

| Senin 04 Jun 2018 11:10 WIB | 3895



Ban kempes di jalan (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Persiapan yang matang pasti sudah disiapkan untuk mudik, namun siapa yang sangka tiba-tiba ada saja hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi.

Apalagi mereka yang mudik dengan mobil, tentu ada hal-hal kecil yang menjadi masalah besar. Terkena ranjau paku, misalkan. Otolovers yang mengalaminya jangan langsung panik, soalnya walaupun ban mobil terkena paku dan kempes, kendaraan tetap bisa berjalan sampai 5 km.

Namun ada ketentuan yang mesti diperhatikan. Senior Manager Bussines Support Sales Replacement PT Gajah Tunggal Tbk Aries Abdullah mengatakan, hal itu berlaku kalau mobil belum diganti peleknya.

"Kalau mobil kena ranjau paku pastikan kita berhenti di tempat yang aman dahulu, jangan di tengah jalan dan panik. Selama dia ada peleknya, ban itu masih bisa dibuat jalan walaupun anginnya sudah habis. Kecuali kalau peleknya sudah diganti jadi lebih kecil," paparnya di Sunter, Jakarta akhir pekan kemarin.

"Kalau kondisi darurat mobil bisa kok sampai 5 km, tidak masalah," lanjut Abdullah.

Setelah sampai di tempat yang aman atau bengkel, langkah pertama yang Otolovers lakukan adalah cek kembali ban tadi. Kalau sudah terlihat benang ban sudah putus maka ban harus diganti.

"Biasanya kalau setelah diperbaiki ban masih bisa dipakai. Tapi kalau sudah terlalu jauh dibawa jalan biasanya bagian samping ban benangnya akan putus-putus. Kalau dipompa dia terlihat kembung, nah ini yang sudah tidak aman sehingga harus diganti," saran Abdullah.

Jika bengkel mobil terdekat sudah tutup, Otolovers bisa menggantinya dengan ban serep. Meski demikian, ban serep tidak boleh dibawa untuk perjalanan jauh, hanya pengganti sementara saja. (**)

Sumber : lptn6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait