News, Politik

Bertemu Di India, Jokowi Sekaligus Undang Modi Ke Indonesia

| Senin 28 May 2018 15:37 WIB | 2696



PM India Shri Narendra Modi (istimewa)


MATAKEPRI.COM -  PM India Shri Narendra Modi akan berkunjung ke Indonesia bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 30 Mei 2018. Pertemuan ini akan membahas sejumlah agenda penting.

"Ada beberapa MoU, semuanya sedang kita coba selesaikan ya jadi saya nggak sampaikan sekarang karena semuanya dalam persiapan tahap akhir. Tapi yang penting bahwa India merupakan salah satu mitra penting kita di Asia, baik dari segi ekonomi maupun segi geopolitik dan geostrategisnya. India itu salah satu yang penting bagi kita," ujar Menlu Retno LP Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2018).

Retno tidak merinci nota kesepahaman yang tengah disiapkan Indonesia kepada India. Namun ia menyebut nilai perdagangan Indonesia dan India menunjukkan tren positif.

"Perdagangan kita dengan mereka juga dari waktu ke waktu meningkat terus, tahun lalu sudah USD 18,7 billion investasinya meningkat cukup tinggi sekali. Dan untuk turisnya sekarang turis India yang sudah masuk sedang booming peningkatan dari 2016-2017 itu peningkatannya 28,8 persen jadi sudah hampir, jumlahnya hampir 500 ribu orang," kata Retno.

Sebelumnya,  sekaligus mengundang Modi ke Indonesia. Undangan itu disampaikan dalam pertemuan bilateral (25/1) di New Delhi. 

"Dalam konteks perdagangan, kerja sama perdagangan Indonesia dengan India jumlahnya cukup besar," ujar Retno di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi, India, Jumat (26/1). (**)

Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait