News, Hukum & Kriminal

Penambangan Emas Ilegal Di Riau Meliar, Polisi Bakar Peralatan

| Jumat 25 May 2018 11:45 WIB | 2100



(istimewa)


MATAKEPRI.COM - Gerah akan aktivitas penambangan emas ilegal di Riau yang semakin marak membuat pihak kepolisian membakar peralatan tambang emas ilegal. 

"Penambangan emas ilegal ini terjadi wilayah Polsek Kuantan Tengah. Atas laporan masyarakat terkait aktivitas penambangan emas tanpa izin (Peti) tim kita turun ke lokasi," kata Kapolres Kuasing, Fibri Karpiananto, Jumat (25/5/2018).

Menurut Fibri, masyarakat melaporkan adanya aktivitas penambangan ilegal di desa mereka. Penambangan emas ilegal tersebut telah merusak lingkungan setempat. Sehingga pada Kamis (24/5) tim diterjunkan ke lokasi untuk melihat langsung aktivitas penambangan ilegal itu.

Image result for Penambangan emas ilegal ini terjadi wilayah Polsek Kuantan Tengah

"Tim kita terjunkan ke lokasi di aliaran sungai Piodang Desa Gobang. Saat di lokasi, ada dua unit penambangan emas ilegal yang lagi beroperasi," kata Fibri.

Hanya saja, sambung Fibri, begitu tim tiba di lokasi penambangan, para pekerjanya lebih dulu melarikan diri. Di lokasi masih ditemukan dua penambangan ilegal lagi yang tidak beroperasi.

"Jadi ada empat lokasi penambangan ilegal, dua saat beroperasi pelakunya langsung kabur. Dan dua lagi tidak beroperasi, namun kata warga biasanya dua peralatan lagi operasi malam hari," kata Fibri.

Dengan ditinggalnya sejumlah peralatan penambangan emas ilegal itu, pihaknya mengambil langkah tegas.

"Tim di lokasi melakukan pemusnahan alat penambangan dengan cara merusak dan membakar. Ini dilakukan agar tidak dapat dugunakan," kata Fibri.

Sehari sebelumnya, tambah Fibri, pada Rabu (23/5), timnya juga melakukan razia penambangan emas ilegal di Kec Singingi. Di lokasi itu ada 8 aktivitas penambangan ilegal.

Dalam hal ini pihak kepolisian menindak tegas akan memusnahkan peralatan yang ada di lokasi penambangan dengan cara dibakar. (***)

Sumber : detik




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait