Batam

Ikuti Pelatihan Coding, Ibu Rumah Tangga Batam Terampil Buat Website

Juliadi | Jumat 11 May 2018 14:13 WIB | 1696




MATAKEPRI.COM, Batam -  Belasan lbu Rumah Tangga di Batam kini terampil membuat website setelah mengikuti pelatihan Coding Mum selama dua minggu sejak 26 April lalu di Universitas Universal. 

"lbu rumah tangga merupakan potensi yang luar biasa bila diberi kesempatan untuk mengakses dunia kerja di era digital. Untuk itu kami mencoba memfasilitasi mereka dengan memberikan akses memperoleh keterampilan digital melalui pelatihan coding sehingga mereka mampu mengoptimalkan potensi mereka untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik, "ujar Poppy Savitri, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Jumat (11/5/2018).

Pelatihan Coding Mum Batam merupakan bagian dari rangkaian Coding Mum yang diselenggarakan oleh Bekraf bekerjasama dengan PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space). Setelah sukses sejak awal diselenggarakan tahun 2016 lalu, Coding Mum berlanjut di tahun ini dengan target peserta ibu rumah tangga, penyandang disabilitas dan buruh migran di luar negeri. Hingga saatini Coding Mum sudah berhasil meluluskan lebih dari 350 peserta yang dinilai mumpuni mengaplikasikan keterampilan mereka dalam mengelola coding secara mandiri. 

Coding Mum memberikan kesempatan kepada ibu ibu rumah tangga untuk memiliki pendapatan dari industri online sebagai part-time programmer. Dengan demikian, mereka dapat menciptakan sumber pendapatan baru yang memberi penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Berbeda dengan kegiatan pembelajaran coding pada umumnya, penyampaian materi dalam pelatihan Coding Mum disajikan secara menarik dengan menggunakan kosakata yang lebih sederhana dan beberapa perumpamaan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga bisa lebih mudah mencerna setiap penjelasan dan arahan mentor. 

Setelah mendapatkan arahan dan materi selama hampir dua minggu, di akhir pelatihan peserta Coding Mum Batam mempresentasikan website mereka di hadapan juri untuk diberi saran dan masukkan. Usai kegiatan, Bekraf dan Kolla Space secara simbolis menyerahkan penghargaan berupa sertifikat kepada para peserta yang telah tekun mengikuti pelatihan coding hingga akhir dan berhasil membuat website mereka sendiri dalam waktu singkat. 

Poppy menambahkan selain menjadi salah satu program unggulan Bekraf, pelatihan Coding Mum ini juga merupakan bagian dari skenario besar yang dilakukan Bekraf dalam rangka mencapai sasaran strategis dalam upaya menyerap tenaga kerja sektor ekonomi kreatif sehingga mampu mencapai target tujuh belas juta orang pelaku ekonomi kreatif di tahun 2019 mendatang. 

Setelah Batam kegiatan Coding Mum 2018 juga sedang dan akan diselenggarakan di beberapa kota lainnya yaitu, Sorong, Pontianak, Lampung dan Palembang. Sedangkan di luar negeri, kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Singapore, Bandar Sri Begawan, Hongkong, Shanghai dan Seoul. (Juliadi) 



Share on Social Media