Otomotif, News

Biar Motor Matik Kamu Panjang Umur, Ini Dia Tipsnya!

| Rabu 09 May 2018 13:35 WIB | 3898



Motor Matik (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Tak dapat dipungkiri sepeda motor jenis matik kini menjadi lebih populer di Indonesia. Hal ini lantaran motor tanpa gigi dianggap lebih mudah dan nyaman dikendarai, terlebih saat kondisi macet.

Meski begitu, sepeda motor jenis matik juga wajib dirawat secara rutin. Tentu saja hal ini dilakukan agar motor tetap prima dan akselerasi masih terjaga.

Selain itu, dengan merawat sepeda motor, tentunya akan membuat motor lebih awet dan panjang umur. Bahkan jika kondisi motor terlihat apik, bukan tak mungkin harga jual kembali tak lantas menurun.

Nah, oleh karena itu situs resmi Wahana Honda memberikan tips jitu agar motor matik Anda tetap terjaga. Berikut tipsnya:

1. Oli

Image result for OLI

Oli ini penting untuk semua kendaraan termasuk motor matik. Untuk itu sebaiknya rutin mengganti oli motor ini setiap kilometer di motor sudah bertambah 1.000 km.

Mengganti oli mesin ini penting agar performa motor tetap maksimal, dan tidak ada kendala saat berada di jalan raya.

2. Atur Kecepatan

Image result for Atur Kecepatan

Kemudahan yang ditawarkan motor matik ini kadang membuat pengendara terlena dan sering mengganti laju kecepatan secara tiba-tiba.

Perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi secara mendadak ini bisa membuat mesin motor matik rusak. Jangan sampai harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki sparepart yang rusak akibat cara berkendara yang salah.

3. Panaskan Mesin

Image result for PANASKAN MESIN

Biasakan untuk selalu memanaskan mesin motor matikmu sebelum digunakan. Memanaskan mesin motor matik ini sangat berguna untuk menjaga kinerja mesin agar tetap stabil.

Panaskan mesin motor matik selama 5-10 menit setiap hari, dan biasakan untuk selalu menggunakan starter kaki saat menyalakan mesin motor matik.

4. Periksa Aki dan Busi

Image result for aki dan busi motor


Aki ini penting untuk kamu periksa, jangan sampai motor mogok di tengah jalan karena aki motor matik sudah tidak bagus.

Setelah memeriksa kondisi aki, sebaiknya memeriksa kondisi busi motor. Busi yang karat atau kotor pasti akan mengganggu kenyamanan saat berkendara karena proses pembakaran dalam mesin terganggu.

5. Periksa Belt

Image result for belt matic

Motor matik ini menggunakan belt sebagai penggerak, untuk itu perlu melakukan pengecekan vanbelt secara rutin. Apakah vanbelt di motor matik masih aman untuk dipakai, jangan sampai vanbelt mengalami kerusakan dan terputus saat motor sedang melaju di jalan raya.

Membuat motor matik lebih awet tentu membutuhkan usaha dengan melakukan pengecekan secara rutin. Untuk itu, luangkan waktu  untuk memeriksa kondisi motor matik. Menjaga performa motor tetap maksimal, pastinya bisa membuat ebih nyaman dan aman berkendara.(***)

Sumber : liputan6


Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait