News, Kesehatan

Kolesterol, Ini Batas Aman Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu

| Rabu 09 May 2018 11:47 WIB | 3525



Telur (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Banyak makan telur memang tidak bikin bisulan sebagaimana mitos yang beredar. Tetapi berlebihan mengonsumsinya memang tidak dianjutkan karena ada kandungan kolesterol di dalamnya.

Masalahnya, batas aman makan telur selama ini masih diperdebatkan. Di sisi lain, telur merupakan sumber protein yang sangat ideal dengan harga sangat terjangkau. Banyak yang penasaran, berapa banyak telur yang aman dikonsumsi dalam seminggu?


Image result for Kolesterol, Ini Batas Aman Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu


Penelitian terbaru di American Journal of Clinical Nutrition menemukan batas aman terbaru untuk mengonsumsi telur. Sebanyak 12 butir telur dalam 7 hari, disebut tidak menimbulkan efek samping, pada pasien diabetes sekalipun.

"Diet sehat berdasarkan pedoman populasi dan termasuk lebih banyak telur dari yang saat ini direkomendasikan oleh beberapa negara, mungkin aman dikonsumsi," simpul pada peneliti, dikutip dari news.com.au.

Para peneliti menemukan bahwa penurunan berat badan tercatat sama dalam setahun pada orang dengan diet rendah telur, yakni dua butir sepekan, dibandingkan pada orang dengan diet tinggi telur yakni 12 butir sepekan. Sebanyak 7 partisipan dengan diabetes tipe 2 juga tidak mengalami efek samping seperti inflamasi, peningkatan risiko kardiometabolik dan kadar glukosa darah.(***)


Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait