Batam, News, Ekonomi

Design Kota Batam, Pemko Tanami 2000 Batang Pohon

| Senin 07 May 2018 13:26 WIB | 2367



Pemko Tanami 200 Batang Pohon (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam - Dalam rangka pencanangan Batam Menanam Walikota M. Rudi, Wakil Walikota Amsakar Achmad, Kepala BP Batam Lukita Dirmansyah Tuwo, Ketua DPRD Nuryanto dan Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo menanam Ketapang Kencana di median jalan Flyover Laluan Madani, Minggu (6/5) .

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan Batam didirikan sejak tahun 1974. Desainnya saat itu hanya untuk kebutuhan 10.000 orang. Sejalan dengan perkembangannya, kebutuhan infrastruktur semakin meningkat. Karena itulah Pemko Batam terus bekerja lakukan pembangunan, khususnya pelebaran jalan guna mengatasi kemacetan.

“Batam ini harus kita desain kembali. Apa yang mungkin tidak pas, kita punya kewajiban untuk menatanya. Salah satunya kemacetan. Jalan kita buka. Tidak ada jalan lain, pohon kita potong. Artinya kita punya satu tugas, bagaimana kita menghijaukan kembali Kota Batam secara bersama-sama,” kata Rudi.

Tidak berhenti di hari ini saja, penghijauan akan terus dilakukan setiap dua sampai tiga bulan sekali di titik lain Kota Batam. Sehingga pada akhirnya seluruh wilayah Kota Batam menjadi hijau dan nyaman baik bagi warga setempat maupun wisatawan.

Sementara itu Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo mengatakan Batam merupakan salah satu teras depan Republik Indonesia. Di depan Batam ada negara maju, Singapura. Oleh karena itu Batam tidak boleh kalah dengan negara tetangga. Dan yang bisa membuat Batam maju, baik, serta besar, adalah seluruh masyarakat yang ada di dalamnya.

“Gerakan ini adalah gerakan moral. Diimbau kepada seluruh masyarakat, komponen bangsa tanpa terkecuali untuk menggelorakan gerakan ini,” kata Ibnu yang baru satu bulan lebih menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan ini.

Ibnu pun menjelaskan pentingnya penghijauan bagi sebuah kota. Kebutuhan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, kualitas hidup, dimulai dari ketersediaan oksigen dan air yang bagus. Tanpa oksigen dan air, tak ada kehidupan di tempat tersebut.

“Adanya air dan oksigen ini berbanding lurus dengan keberadaan pohon. Sumber daya air jadi kebutuhan, udara bersih jadi kebutuhan. Tidak bisa instan, harus berkelanjutan. Maka setelah menanam ini, mari kita pelihara bersama. Jangan sampai yang satu menanam, yang satu menebang,” tuturnya.

Selain unsur Pimpinan Pemerintahan Kota Batam, Komandan Kodim 0316/Batam, Lanal Batam, Wakil Kapolresta Barelang, personel TNI/Polri, pegawai Pemerintah Kota Batam, organisasi kemasyarakatan, hingga pelajar pun turut menghijaukan jalur antara Flyover Laluan Madani ke Simpang Kepril Mall.

Pada kegiatan Batam Menanam ini juga ditanam 2.000 batang pohon lain seperti Tabebuya, Mahoni, Kaya, Trembesi, Salam, dan Flamboyan. (**)


Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait