News, Hukum & Kriminal

Penjahat Tersohor Di India, Chhota Dihukum Mati Di Indonesia

| Kamis 03 May 2018 10:05 WIB | 2386



Penjahat tersohor di India, Chhota Rajan


MATAKEPRI.COM - Ditangkap di Indonesia, salah-seorang penjahat tersohor di India, Chhota Rajan telah dijatuhi hukuman seumur hidup karena memerintahkan pembunuhan terhadap seorang jurnalis.

Jyotirmoy Dey, yang dikenal sebagai wartawan bidang kriminal, ditembak mati di Mumbai pada 2011 oleh empat pria atas perintah Chhota Rajan, demikian temuan pengadilan.

Chhota Rajan, yang berusia 58 tahun, telah ditahan semenjak 2015 setelah diekstradisi dari Indonesia.

Dia ditangkap oleh kepolisian Indonesia di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, setelah baru mendarat dari Australia - tempat pelariannya selama sekitar tujuh tahun.

Hukuman penjara seumur hidup atas Rajan dibacakan oleh pengadilan di Mumbai pada Rabu. Dia hadir bersama delapan orang kaki tangannya.

Satu orang tersangka masih dinyatakan buron, sementara satu orang lainnya meninggal tiga tahun lalu.

Walaupun ada 155 orang bersaksi di persidangan, tidak ada satu orang pun yang menyaksikan pembunuhan tersebut.

Mengapa Rajan membunuh sang wartawan?

Jyotirmoy Dey, 56 tahun, yang menggunakan nama pena J Dey merupakan wartawan terkenal di Mumbai yang sering melakukan investigasi kasus-kasus kriminal klas kakap.

Dia melaporkan beberapa kasus kejahatan skala besar yang melibatkan kelompok mafia yang selama ini tidak tersentuh, diantaranya adalah Rajan.

Setelah Dey dibunuh, para wartawan di Mumbai menggelar unjuk rasa, menuntut agar pemerintah India melakukan upaya perlindungan terhadap kerja profesional wartawan.

Semula penyelidikan kasus ini ditangani oleh kepolisian Mumbai, tetapi kemudian diambil alih oleh kepolisian federal setelah Rajan ditangkap di Indonesia.

Chhota Rajan (atau "Little Rajan"), yang memiliki nama asli Rajendra Sadashiv Nikalje, dituduh berada di balik sejumlah kasus pembunuhan, pemerasan dan peredaran narkoba.

Tumbuh di Mumbai dan sejak belia sudah terlibat kasus kejahatan kecil, Rajan kemudian menjadi bos mafia di balik berbagai kasus kriminal berskala besar.(***)


Sumber : viva



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait