News, Hukum & Kriminal

Terkait Kasus Penipuan, Ratusan Jemaah Umrah Tuntut Travel Abu Tours

| Kamis 12 Apr 2018 14:48 WIB | 1810



Ratusan Jemaah Umrah Tuntut Travel Abu Tours (net)


MATAKEPRI.COM - Ratusan jemaah umrah dari daerah Jabodetabek melaporkan travel Abu Tours ke Bareskrim Polri. Kristiawan yang mewakili ratusan orang jemaah melaporkan Abu Tours ke Bareskrim karena telah menjadi korban penipuan.

"Hari ini kami yang datang mewakili sekitar 300 orang jemaah melaporkan Abu Tours ke Bareskrim. Itu baru jemaah yang bisa kita ajak untuk sama-sama melapor. Jumlah real berapa di Jabodetabek kita pun belum tahu pasti," kata Kristiawan di kantor Bareskrim Polri di gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2018).

Dia menjelaskan, semestinya Abu Tours yang berada di Cabang Cinere, Jakarta Selatan, memberangkatan 2.600 orang jemaah umrah pada Januari-Febuari. Namun, hal itu tak dilaksanakan oleh pihak Abu Tours.

"Jadi hari ini melapor untuk penipuan yang dialami oleh jemaah di Jabodetabek yang mendaftar di beberapa cabang Abu Tours," ujar Kristiawan.


Related image


Untuk melaporkan Abu Tours, pihaknya telah membawa berkas seperti faktur, kuitansi, brosur, dan kesepakatan untuk tanggal, bulan pemberangkatan dengan Abu Tours kala itu. Dia mencontohkan dirinya yang mendaftar Januari 2017 dan semestinya Januari 2018 ini berangkat, tapi tidak ditepati oleh Abu Tours.

"Sebagai contoh saya mendaftar di Januari 2017 dan kesepakatan akan berangkat di awal Januari 2018. Waktu itu saya membeli paket seharga Rp 19.500.000 untuk satu pack dan saya juga membayar asuransi, jadi total kewajiban sudah dilunasi ke pihak Abu Tours," ucap Kristiawan.(***)


Sumber : liputan6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait