News, Ekonomi, Politik

Tak Cuma Tanah Air, Tumpahan Minyak MFO Di Teluk Jadi Sorotan Dunia

| Jumat 06 Apr 2018 15:42 WIB | 1357



Tumpahan Minyak MFO Di Teluk (net)


MATAKEPRI.COM - Tumpahan minyak jenis Marine Fuel Oil (MFO) di perairan laut Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur tak hanya menjadi perhatian Tanah Air, tapi ternyata juga menjadi sorotan dunia. Meski saat ini kabarnya tumpahan minyak tersebut telah berhasil ditangani.

Sejumlah media asing yang turut menyoroti di antaranya dari Amerika, CNN. Melalui artikel bertajuk 'State of emergency declared over Indonesia oil spill.'

Hasil gambar untuk Tumpahan minyak jenis Marine Fuel Oil (MFO) di perairan laut Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur

Media Amerika ternama lain seperti The Washington Post, ABC News.go dan Time juga turut mengangkat pemberitaaan tumpahan minyak tersebut.

Lalu laman berita Inggris, BBC, juga mengulas isu tersebut dengan tulisan berjudul 'Indonesia declares state of emergency as oil spill spreads.' Mengangkat isu bahwa ratusan orang telah melaporkan masalah kesehatan sejak tumpahan minyak terjadi Sabtu 31 Maret.

Sementara media Singapura, Channel News Asia, memberitakannya dengan 'Deadly Indonesia oil spill caused by burst pipe: Company'. Mengulas tentang lima kematian dan pernyataan keadaan darurat disebabkan oleh pipa bawah laut yang pecah.

Sedangkan 'Indonesia declares state of emergency after oil spill ignites' menjadi judul tulisan soal tumpahan minyak di Balikpapan, Indonesia buatan media Timur Tengah Al Jazeera.

China melalui South China Morning Post, juga tak ketinggalan mengangkat isu tumpahan minyak di Kallimantan tersebut, melalui tulisan 'Emergency declared as oil spill fire chokes city on Indonesian island of Borneo.'

Sejauh ini Manager Komunikasi dan CSR Regional Kalimantan Yudy Nugraha‎ mengatakan, tumpahan minyak berasal dari pipa Pertamina ukuran 20 inchi ketebalan 12 mm yang diputus oleh pihak tak dikenal.(***)


Sumber : liputan6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait