Batam, News, Ekonomi

Pada 2019 Mendatang, Dinas CKTR Akan Merehab Masjid Raya Batam

| Rabu 04 Apr 2018 11:18 WIB | 1971



Masjid Raya Batam (net)


MATAKEPRI.COM, Batam - Pada 2019 mendatang, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam berencana merehabilitasi Masjid Raya Batam.

Masjid yang berlokasi di dataran Engku Putri, Batam Centre ini merupakan aset Badan Pengusahaan (BP) Batam yang sedang dalam proses hibah ke Pemerintah Kota Batam.

“Sembari menunggu proses hibah, kami menyusun rencana rehabnya. Perbaikan rencananya dilakukan menyeluruh, tapi tanpa mengubah bentuk utama bangunan,” jelas Kepala Dinas CKTR, Suhar, Sabtu (31/3) lalu.

Beberapa area masjid akan dibenahi dan diperindah agar tidak hanya menjadi tempat beribadah tetapi juga bisa menarik wisatawan. Area parkir akan dibuat di bawah tanah (basement). Kemudian letak dan kondisi toilet akan diperbarui. Serta memperluas ruang ibadah untuk menambah daya tampung jemaah.

“Kapasitasnya nanti disesuaikan dengan lahan masjid yang luasnya sekitar 3 hektare. Halamannya akan dibongkar habis. Kita maksimalkan kapasitasnya,” tambahnya.

Suhar mengatakan renovasi masjid akan dilaksanakan dengan sistem tahun jamak. Berdasarkan rencana kerja Dinas CKTR, pembangunan akan selesai dalam jangka waktu tiga tahun. Sehingga diperkirakan selesai tepat di akhir masa jabatan Walikota-Wakil Walikota sekarang.

“Masalah anggaran belum dapat dipastikan. Tapi kami perkirakan habis sekitar Rp 70 miliar,” tutupnya (**)


 



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait