Batam, News, Kesehatan

Diduga Mengandung Cacing, BPOM Kepri Tarik Produk Ikan Sarden Kalengan

| Kamis 22 Mar 2018 11:51 WIB | 1589



BPOM Kepri Tarik Produk Ikan Sarden Kalengan (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri langsung mengambil langkah tegas terkait adanya produk pangan ikan sarden kalengan, yang diduga mengandung cacing (nematoda) yang sebelumnya viral di media sosial.

Kepala BPOM Kepri di Batam Yosef Dwi Irwan mengatakan, ditariknya produk makanan kalengan tersebut bukan tidak mengantongi izin edar di Indonesia, namun adanya parasit jenis nematoda (Anisakis sp) yang mengindikasikan kualitas bahan baku yang tidak baik.

“Semua perizinan impor dan izin edarnya lengkap. Kesalahan bukan pada importirnya, tapi pada proses produksinya,” jelasnya.

Hal ini disebabkan proses sterilisasi yang menggunakan pemanasan (thermal process) secara umum mampu mematikan siklus hidup Anisakis sp, namun protein allergen dari cacing berpotensi masih dapat bertahan (heat resistance).

Sehingga produk beresiko terhadap konsumen yang memiliki sensitifitas alergen.

“Berbekal itulah, kita langsung menurunkan tim dan menarik semua produk pangan tersebut dari peredaran. Ada tiga merek yang langsung kita perintahkan untuk ditarik dari peredaran mulai hari ini,” kata Yosef lagi. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait