Batam, News, Ekonomi

Waduk Sei Gong Hampir Selesai, Panggantian Dana Kerohiman Masih Dibahas

| Jumat 16 Mar 2018 12:08 WIB | 1369



Waduk Sei Gong (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam - Pembangunan Waduk Sei Gong, kecamatan Galang, Batam masih memiliki masalah transparansi panggantian dana kerohiman khususnya, para pemilik lahan yang terkena dampak transparansi tersebut.

Para pemiliki lahan mengatakan proyek bendungan yang sedang digarap oleh Pemerintah kini hampir selesai pengerjaanya.

Namun hingga kini, penetapan besaran dana kerohiman yang akan diberikan kepada masyarakat yang merupakan pemilik lahan masih dalam perundingan. Kini proses pemberian dana kerohiman tersebut, diserahkan kepada Provinsi kepri.




Salah satu pemilik tanah, Andar Napitupulu mengaku, mereka menolak lahan itu disebut sebagai hutan lindung serta menutut adanya perundingan secara transparan dan adanya keadilan dari Pemerintah kepada pemilik lahan.

“Teman-teman disini sebenarnya simpel, adanya perundingan secara transparan atas besaran pemberian dana kerohiman,” kata Andar.

Sementara itu, Yanto, staf khusus Gubernur Kepri saat ditemui mengatakan, Pemerintah Provinsi tidak akan melakukan kegiatan yang melanggar aturan.

Selama ini, tindakan yang ditangani Pemprov Kepri dalam menampung aspirasi pemilik lahan dan mengacu pada perpres, besaran dana kerohiman masih dibahas dalam rapat bersama BP Batam.




“Pemerintah Provinsi Kepri akan sebisanya berperan sebagai penengah, jangan sampai bertindak diluar aturan. Mengingat akan menimbulkan persoalan hukum baru nantinya,” terang Yanto.

Sementara itu, Sekretaris tim Penyelesaian Sei Gong Samsul Bahrum mengatakan para penerima dana kerohiman sudah diverifikasi dan divalidasi. Tetapi masih memerlukan satu tahapan lagi. 

“Satu lagi rapat sebelum dibuat berita acara oleh tim kerohiman yang nantinya menjadi dasar Gubernur Kepri dalam mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang siapa yang berhak. Sementara, besar dana kerohiman dan mekanisne pembayaran belum bisa disebutkan. Semoga saja lancar rapat finalnya. Pada minggu mendatang,” terangnya. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait