Batam, News, Ekonomi

Diakui Berjumlah 17 Titik, Lego Jangkar Di Batam Akan Dipangkas Jadi 3 Lokasi

| Jumat 16 Mar 2018 11:39 WIB | 1002



Luhut Binsar Panjaitan (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Batam – Dalam kunjungannya ke Batam, kemarin, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B Panjaitan menyampaikan bahwa pemerintah pusat akan mengurangi lokasi lego jangkar di Batam menjadi 3 lokasi.

Lokasi lego jangkar di Perairan Batam saat ini diakui berjumlah 17 titik. Jumlah tersebut rencananya akan dipangkas menjadi tiga lokasi. Tiga lokasi tersebut belum termasuk perairan Pulau Galang yang sebelumnya direncanakan untuk dilakukan pendalaman alur dengan cara menyedot pasir laut.

“Kita akan pangkas menjadi 3 lokasi. Salah satu lokasi rencananya di Pulau Nipah,” kata Luhut didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun usai meninjau aktivitas lego jangkar, Kamis (15/3/2018).

Luhut menjelaskan, rencana ini akan dibahas lebih lanjut dengan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan juga kementrian lainnya.

Ia mengaku bahwa jumlah lego jangkar saat ini terlalu banyak. Dan penentuan lokasi ini akan disejalankan dengan penetapan tata ruang kelautan. “Pembahasan tata ruang laut kan sedang berjalan. Jadi saya juga sedang menyiapkan materi untuk pertemuan di Jakarta. Kita juga akan melakukan rapat koordinasi dengan 3 kementrian yang terlibat,” kata Luhut.

Menurut Luhut, pemangkasan lokasi lego jangkar menjadi 3 titik ini bertujuan untuk memudahkan pengawasan yang dilakukan oleh Bea Cukai, Menteri Perhubungan, TNI AL, dan Bakamla. Selain itu, potensi lego jangkar di Perairan Batam sangat besar karena berdekatan dengan Selat Malaka. “Sedangkan Pulau Nipah nantinya akan kita mainkan menjadi angkring area dan akan kita bangun oil tank,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, banyaknya lokasi lego jangkar di Batam membuat pengawasan menjadi sulit. “Kalau jumlahnya sedikit kan lebih mudah diawasi. Potensi pendapatan bagi daerah juga besar,” katanya.

Hanya saja, Nurdin menyebutkan tiga lokasi yang akan dijadikan lokasi lego jangkar sedikit berbeda dengan pernyataan Luhut. Tiga lokasi tersebut yakni Pulau Nipah, perairan Tanjungbalai Karimun dan Bintan. “Kalau Galang, nanti kita lihat lagi. Tapi sepertinya kurang menarik,” katanya. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait