Lingga, News, Ekonomi

Tidak Sia-Sia, Petani Di Desa Bukit Langkap Panen beras Mencapai 4,6 Ton

| Kamis 15 Mar 2018 11:10 WIB | 1649



Desa Bukit Langkap Panen beras (net)


MATAKEPRI.COM, Lingga - Lahan seluas 1 hektar lebih diperkirakan menghasilkan beras dengan jumlah yang hampir sama dengan panen sebelumnya. Ini juga berkat kerja keras para petani Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, sehingga lahan tersebut kembali memanen padi dengan hasil yang cukup melimpah. 

Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin menjelaskan sisa panen kali ini mencapai 4,6 ton ubinan padi varietas Indragiri.

“Metode hitung hasil produksi padi tidak akan jauh beda dari hasil sebelumnya,” ujar dia, Rabu (14/03/2018).

Hasil tersebut rencananya akan dijual dan sebagian disisih untuk stok para petani sembari menunggu musim tanam dan panen berikutnya.

Kata dia, sebanyak 45 hektar sawah sudah pada tahap olah tanah, dan diperkirakan pada Ramadhan tahun ini masuk musim tanam.

“Blok VI 10 Hektar kita serempak, blok V menyusul, blok IV sebagian sudah bajak,” kata dia.

Sebelumnya sejumlah petani di desa transmigran ini telah berhasil memasarkan beras disejumlah toko. Sebanyak 3 ton beras dikelola BUMDes Bukit Langkap diberikan brand Jagung Manis ludes terjual sangat cepat.

Progam Bupati Lingga, Alias Welli yang dulunya hampir membuat petani patah semangat karena beragam masalah muncul, mulai dari kadar keasaman tanah yang masih tinggi, hingga dilanda banjir.

Alhasil, para petani tetap semangat dan terus bekerja keras sampai akhirnya desa Bukit Langkap menjadi desa pertama yang berhasil memasarkan beras, dari sejumlah desa di Kabupaten Lingga yang telah dibangun percetakan sawah.  (**)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait