News, Politik

Pilpres 2019, Nama Eks Panglima TNI Jenderal Gatot Bakal Jadi Lawan Jokowi

| Sabtu 10 Mar 2018 11:17 WIB | 1426



(net)


MATAKEPRI.COM - Nama eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kembali ramai dibicarakan sebagai salah satu kandidat di Pilpres 2019. Namun Gatot diprediksi akan menjadi lawan bagi petahana Presiden Joko Widodo.

"Kalau ke Pak Jokowi kayaknya nggak mungkin, basis pemilih Pak Gatot bener-bener anti-Jokowi," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Median Rico Marbun dalam perbincangan, Sabtu (10/3/2018).

Nama Gatot memang belakangan masuk di bursa capres/cawapres untuk Pilpres 2019. Meski begitu, belum ada tanda-tanda parpol yang ingin mengusungnya. Padahal Gatot bukan datang kalangan politikus, mengingat dia baru akan pensiun dari instansi militer bulan ini.

"Nah cuma mau pakai tiket apa," sebut Rico.

Walaupun Gatot sempat menjadi bawahan Jokowi sebelum digantikan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, namun keduanya diprediksi tidak akan running bareng di Pilpres 2019. Bila Gatot maju di Pilpres nanti, kemungkinan besar dia akan menjadi lawan bagi Jokowi.

"Sulit membayangkan, karena bila ke Jokowi, (Gatot) bisa jadi seperti pemimpin tanpa umat atau kepala naga tanpa badan dan ekor," sebut Rico.

Nama Gatot kembali mencuat setelah Kivlan Zen mengungkap soal modal yang dimiliki jenderal bintang empat itu. Kekayaan Gatot bahkan disebut lebih dari Ketum Gerindra Gatot Subianto yang juga siap untuk maju kembali di Pilpres.

Lantas apa maksud Kivlan yang tiba-tiba berbicara soal kekayaan Gatot?

"Itu sih jelas banget (Gatot) mau maju. Serius bener Pak Gatotnya. Apalagi di banyak survei selalu masuk 5 besar, makin pede," tutur Rico.

Menurutnya, statemen Kivlan tidak akan membawa dampak positif untuk Gatot. Malahan disebut Rico, pernyataan itu justru akan membawa kerugian karena seperti mencari musuh dengan membandingkan kekayaan dua tokoh besar.

"Statemen dari Pak Kivlan menurut saya justru merugikan Pak Gatot karena justru saat ini lah beliau harus tampil lebih 'humble' di depan tokoh politik seperti Pak Prabowo," ungkapnya.

"Lebih baik Pak Kivlan bicara tentang gagasan baru apa yang dimiliki Pak Gatot, ketimbang jumlah uangnya," tambah Rico.

Seperti diketahui, Kivlan Zen mengungkapkan dukungannya kepada Gatot, yang sebentar lagi pensiun dari TNI. Dia lalu menyatakan kekayaan Gatot lebih besar daripada Prabowo, yang digadang-gadang siap kembali maju di Pilpres 2019 bersama Partai Gerindra sebagai kendaraannya.

"Perkiraan saya, nggak usah disebutkanlah, Gatot uangnya banyak, melebihi uang Prabowo," ujar Kivlan setelah menghadiri acara silaturahmi tokoh nasional menuju Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Menyusul tanggapan Kivlan, Partai Gerindra mengaku merasa tak tersaingi oleh kehadiran Gatot. Meski begitu, Gerindra lalu mengingatkan soal kendaraan partai yang harus dimiliki Gatot untuk bisa maju sebagai capres.

"Sekarang modal uang bisa beli partai berapa?" ujar Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (***)


Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait