News, Hiburan

Susah Dimengerti Oleh Orang Lain, Ini 7 Bentuk Sayang Pada Hewan Peliharaanmu

| Sabtu 10 Mar 2018 11:01 WIB | 1847



(net)


MATAKEPRI.COM - Ada bermacam-macam tujuan seseorang dalam memiliki hewan peliharaan. Ada yang sekedar ingin menikmati kelucuannya, ada yang untuk menaikkan kadar gengsi, ada yang ingin menghilangkan rasa kesepian dan ada yang benar-benar ingin menganggapnya sebagai anggota keluarga sendiri. Nah, bagi kamu yang termasuk tipe terakhir ataupun kamu mengenal orang yang demikian, 7 bentuk sayang pada hewan peliharaanmu ini memang akan susah dimengerti oleh orang lain!

1. Menuruti makanan sesuai yang dia mau

Gak jarang kamu menemui temanmu yang pecinta hewan banget akan menyuguhkan makanan yang gak biasa kamu ketahui, atau misalnya kamu gak terbiasa menemukan hewan tersebut makan itu. Ketika ditanya, temanmu kemungkinan akan jawab bahwa dia gak suka makan ini, dia sukanya makan itu. Gak jarang bahkan makanan tersebut memiliki harga yang cukup mahal, sampai yang bukan pecinta hewan akan heran kenapa si pemilik sebegitu relanya membelikan itu.

2. Membersihkan kandangnya secara rutin

Kebanyakan orang yang bukan pecinta hewan sejati akan berpikiran bahwa hewan bisa tidur di manapun, dalam keadaan seperti apapun. Karena mereka berpikir bahwa pada dasarnya hewan tercipta liar. Padahal perlakuan khusus seperti membersihkan kandang ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan si hewan peliharaan.

3. Memberikannya vitamin-vitamin atau vaksin khusus

Mereka yang pecinta hewan sejati gak ingin sekedar memiliki hewan tersebut begitu saja. Mereka akan mengumpamakan itu seperti anak sendiri atau saudara, sehingga kesehatannya pun akan sangat dijaga betul. Kalau bisa bahkan menemani selama mungkin, mengingat bahwa umur hewan peliharaan rata-rata lebih pendek dari jangka hidup manusia.

4. Memandikannya atau memberikan perawatan grooming khusus padanya

Selain peduli akan kesehatannya, pecinta hewan sejati akan peduli soal kenyamanan “anggota keluarga” berbulunya ini. Bukan asal berasumsi bahwa hewan tersebut tidak nyaman, tapi tentunya didasarkan riset literatur lebih dahulu atau saran dokter hewan bahwa panjang rambut tertentu akan menimbulkan beberapa risiko. Memandikan dengan cara khusus pun akan mencegahnya dari terkena masalah kebersihan, yang bisa menjalar menjadi masalah kesehatan.

5. Membelikan peralatan dan berbagai perlengkapan untuknya, bahkan mainan-mainan khusus

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pecinta hewan sejati akan menganggap hewan peliharaannya sebagai anak sendiri atau anggota keluarga sendiri. Sehingga kebahagiaan hewan peliharaannya tersebut juga mereka rasa perlu diperhatikan. Dengan fasilitas lengkap dan berbagai mainan yang memadai, hewan peliharaan tersebut akan lebih minim risiko stres.

6. Memberlakukan diet khusus padanya

Ada yang karena sudah terlalu kelewatan gendutnya, ada yang memang karena mengalami alergi atau harus menjalani pantangan tertentu karena satu dan lain hal. Orang lain yang gak paham akan heran denganmu yang rela menerapkan diet tersebut untuk hewan peliharaanmu. Padahal itu memang sangat dibutuhkan agar ia tetap sehat.

7. Membawa ke dokter hewan atau rumah sakit saat dia sakit tertentu

Permasalahan pecinta hewan saat ini adalah masih sangat langkanya asuransi hewan peliharaan. Kalaupun ada, itu terbilang cukup mahal. Setiap problem kesehatan yang gak umum dijumpai, mengharuskan pemilik hewan untuk membawanya ke dokter atau bahkan dibawa ke rumah sakit hewan untuk langsung ditangani. Orang lain yang gak memahaminya akan berpikir bahwa hewan secara alami bisa menemukan cara untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Padahal paham tersebut menjadi kurang relevan bagi hewan yang sudah didomestikkan.

Ya, memang ada beberapa orang yang sudah menganggap hewan peliharaannya sangat dekat seperti anggota keluarga mereka sendiri. Mereka akan berbuat yang terbaik demi “saudara” mereka itu. Mungkin rasa sayang mereka akan cukup susah dipahami, tapi setidaknya kamu tahu bahwa ada bentuk sayang berharga yang seperti itu. Mungkin kamu pun juga sudah merasakannya.(***)


Sumber : idntimes



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait