News, Hukum & Kriminal

KPK Ungkap Sejumlah Calon Kepala Daerah Yang Berpotensi Kuat Menjadi Tersangka

| Jumat 09 Mar 2018 11:58 WIB | 977



(net)


MATAKEPRI.COM, Jakarta - KPK mengungkap adanya sejumlah calon kepala daerah yang berpotensi kuat menjadi tersangka. Serangkaian proses penyelidikan dalam kasus tersebut telah dilakukan sejak lama dan sudah disetujui untuk naik ke penyidikan. Lantas siapa sejumlah calon kepala daerah yang dimaksud?

Keterangan mengenai hal tersebut pertama kali disampaikan oleh Ketua KPK Agus Rahardjo saat menghadiri Rakernis Bareksrim di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (6/3) lalu. Agus mengatakan pihaknya masih menindaklanjuti soal calon yang diduga kuat bakal jadi tersangka.

"Informasi yang kami dapatkan saat ini ada beberapa calon yang maju di Pilkada 2018 itu 90 persen lebih akan menjadi tersangka. Maksudnya beberapa orang yang 90 persen itu akan menjadi tersangka," kata Agus.

Agus menyebut calon-calon tersebut berada di sejumlah daerah di Jawa dan di luar Jawa. Meski tak membeberkan secara jelas nama-nama itu, Agus menyebut ada yang berstatus petahana.

"Saya nggak boleh nyebutkan nama dulu. Ada beberapa yang sekarang running di pilkada itu terindikasi sangat kuat, mereka melakukan korupsi di waktu-waktu yang lalu," ujar Agus.

Dia pun menegaskan, pihaknya sangat hati-hati dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka. Menurutnya, bukti yang dikantongi KPK sangat kuat.

"Jadi selalu kalau kami naikkan ke penyidikan itu pada dasarnya pasti kuat. Salah satunya informasi dari PPATK. Dan PPATK sudah menyampaikan kepada kami laporan hasil pemeriksaan. Kalau nggak salah 368 laporan. Hasil analisanya (KPK) 34 (terindikasi korupsi). Itu pasti akan jadi bahan kami untuk kemudian menindaklanjuti semua kasus yang ada di KPK," papar Agus. (***)


Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait