News, Kesehatan

Hati-Hati!!! 9,4 Juta Orang Meninggal Akibat Hipertensi

| Sabtu 24 Feb 2018 11:59 WIB | 1276




MATAKEPRI.COM - Ahli Ginjal Hipertensi dr Tunggul D. Situmorang mengungkapkan hipertensi masih menjadi penyebab kematian terbesar di negara maju dan berkembang.

Diperkirakan 9,4 juta orang meninggal akibat hipertensi. Di Amerika Serikat, hipertensi menjadi penyebab kedua gagal ginjal kronik (GGK) setelah diabetes, masing-masing 28,4 persen dan 43,7 persen pada tahun 2013.

1. Hipertensi penyebab utama GGK

Menurut data Indonesian Renal Registry (IRR) 2015, hipertensi menjadi penyebab utama GGK (35 persen) dan Diabetes (25 persen).

"Pada pasien yang menjalani cuci darah, hipertensi menjadi penyulit bagi 40 persen pasien dan kematian karena penyakit kardiovaskuer sebesar 49 persen," kata Tunggul di Jakarta, Rabu (22/2).

2. Lakukan pengobatan

Hipertensi yang tak terkendali dapat merusak semua organ yang memiliki pembuluh darah, salah satunya menyebabkan GGK. Untuk pengobatan, dapat dilakukan terapi pengganti ginjal berupa dialisis seperti cuci darah dan Continuous Ambulatory Pertioneal Dialisis (CAPD) atau transplantasi ginjal.

3. Hipertensi harus dikendalikan

Menurut Tunggul, pengobatan harus dilakukan untuk mencapai target tekanan darah sesuai yang dianjurkan dalam panduan. Hal itu didukung dengan perubahan pola hidup sehari-hari, seperti berhenti merokok, mencegah kegemukan, dan olah raga 3-4 kali dalam seminggu selama 40 menit.

"Dianjurkan juga untuk melakukan Diet Againts Systolic Hypertension (DASH) dengan asupan garam tidak melebihi 2,4 kg/hari serta rutin mengonsumsi buah dan sayuran," tuturnya.(***)


Sumber : idntimes



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait