News, Kesehatan

Survei : Kehidupan Mengelola Diabetes Mampu Memengaruhi Kesehatan Emosional

| Rabu 21 Feb 2018 13:43 WIB | 1324




MATAKEPRI.COM - Tiga dari lima orang dengan diabetes saat ini tidak hanya bermasalah dengan kadar gula, tapi juga dengan kesehatan mental.

Studi dengan skala besar oleh Diabetes UK dilakukan pada 8.500 orang dari berbagai usia, etnis, dan latar belakang di Briania Raya untuk membagi pengalaman mereka.

Survei tersebut menemukan bahwa kehidupan mengelola diabetes mampu memengaruhi kesehatan emosional mereka.

Dilansir dari Huffington Post, Selasa (20/2/2018), peserta mengatakan bahwa diabetes memengaruhi kesejahteraan mereka secara emosional. Tiga dari lima atau 64 persen mengatakan, merasa terkadang merasa sedih harus hidup dengan diabetes.

Satu dari lima mengatakan, mereka menggunakan jasa konseling untuk membantu mereka dalam mengelola diabetes mereka.

Studi tersebut juga menemukan bahwa satu dari tiga atau 33 persen pasien mengatakan, diabetes menghalangi mereka atau anggota keluarga mereka, melakukan apa yang diinginkan.

Hanya 30 persen yang mengatakan bahwa mereka mampu mengontrol diabetes mereka.

"Ketika saya didiagnosa menderita diabetes, itu hanya dilihat sebagai kondisi medis. Tidak ada yang mengerti itu akan mempengaruhi kesehatan mental. Jadi, tidak ada dukungan psikologis," kata Lis Warren, orang dengan diabetes.

Lis positif mengidap diabetes ketika berumur 13 tahun. Saat itulah, dia mulai mengalami masalah psikologis ketika harus berjuang dengan pola makannya.

Dia bahkan sempat mengalami kejang karena gula darah rendah akibat karbohidratnya yang tidak mencukupi. (***)


Sumber : liputan6


 




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait