News, Ekonomi

Diduga Diserobot Perusahaan Perkebunan Sawit, Warga Menuntut Hak Tanah Mereka

| Senin 19 Feb 2018 16:05 WIB | 1136




MATAKEPRI.COM, Pekanbaru - Warga Suku Sakai di Riau mendatangi Polda Riau di Pekanbaru. Suku pedalaman ini menuntut hak tanah mereka yang diduga diserobot perusahaan perkebunan sawit.

Warga Suku Sakai datang dari Siak ke Pekanbaru menggunakan sejumlah bus. Massa berkumpul di Jalan Sudirman, persis di depan Kantor Gubernur Riau, Senin (19/2/2018).

Jumlah warga yang banyak membuat polisi mengalihkan arus lalu lintas. Massa yang berdemo membentangkan spanduk dan membawa bendera merah putih.

Warga Suku Sakai demonstrasi untuk menuntut lahan adat mereka seluas 6.500 hektare yang dipergunakan untuk kilang minyang. Setelah minyak habis dieksploitasi, mereka berpendapat semestinya lahan tersebut dikembalikan kepada masyarakat Sakai.

Namun, pada tahun 1996, lahan itu malah dijadikan perkebunan sawit. Mereka menuding perusahaan mengambil lahan tanpa ganti rugi. Tuntutan ganti rugi sudah disampaikan beberapa kali, namun belum ada kejelasan hingga saat ini.

"Kami menuntut agar lahan tersebut dikembalikan ke Sakai," teriak mereka dalam orasinya.

Warga Sakai ini juga melaporkan penyerobotan lahan tersebut ke Polda Riau. Mereka menilai perusahaan yang mengusai tanah adat mereka tanpa dilengkapi dokumen resmi.

"Kami minta Polda Riau menindaklanjuti laporan kami," kata koordinator lapangan warga Suku Sakai Rangga Saputra.

Usai menyampaikan orasinya di Mapolda Riau, masyarakat Sakai kembali menggelar aksi yang sama di DPRD Riau. Di gedung dewan ini mereka kembali menyampaikan hal yang sama. (***)


Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait