News, Kesehatan

Tekanan Darah Tinggi, Kamu Harus Lakukan Olahraga Ini Setiap Hari

| Senin 19 Feb 2018 15:59 WIB | 1269



net


MATAKEPRI.COM - Di Indonesia, yoga memang masih dilakukan oleh kalangan yang terbatas. Namun jika Anda atau ada kerabat, memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi waktunya untuk mencoba yoga.

Menurut sebuah studi kecil, mengutip Health, Senin (19/2/2018), melakukan yoga setiap hari selama satu jam bisa menurunkan rata-rata tekanan darah diastolic dan arterial.

Studi dipresentasikan pada konferensi tahunan Cardiological Society of India. Penulis studi ini mengatakan, hasilnya cukup menjanjikan. Melakukan yoga setiap harus bisa melindungi orang-orang dengan prahipertensi dari efek berbahaya hipertensi.

"Prahipertensi dan hipertensi bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung," ujar pemimpin penelitian Ashutosh Angrish, MD, spesialis jantung dari Sir Gangaram Hospital di New Delihi, India.

Prahipertensi adalah ketika tekanan darah sistolik berada pada angka 120-139 mm Hg, dan diastolik di angka 80-89 mm Hg. Adapun angka yang dinyatakan hipertensi adalah di atas 140 mm Hg, dan diastoliknya pada angka 90 mm Hg.

Menurut Dr Angrish, orang-orang dengan prahipertensi berkemungkinan besar mengalami hipertensi jika tidak ada perubahan gaya hidup.

Dr Angrish lalu melakukan penelitian tentang efek Hatha yoga (cabang yoga tradisional yang menggabungkan peregangan, kontrol napas, dan meditasi) pada mereka dengan prahipertensi, meski sehat. Dr Angrish dan rekan-rekannya lalu merekrut 60 pasien dengan rata-rata usia 54 tahun.

Pasien diminta untuk melakukan perubahan gaya hidup, termasuk melakukan latihan aerobic ringan, diet sehat, dan berhenti merokok.(***)


Sumber : liputan6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait