Batam

Tugboat Hongkin dan Tongkang Bintan 1, Berhasil Di Evakuasi Di Pelabuhan CPO Kabil

Juliadi | Minggu 18 Feb 2018 10:42 WIB | 1694



Tugboat Hongkin dan Tongkang Bintan 1 yang di evakuasi, Minggu (18/2/2018)


MATAKEPRI.COM, Batam - Angin yang kencan di sertakan gelombang yang sangat besar membuat sebuah Tugboat Hongkin dan Tongkang Bintan 1 yang bermuatan Batu Koral sekitar 2.500 Ton, kandas dan karam di pinggir pelabuhan CPO Kabil pada, Minggu (4/2/2018) lalu.

Wakil Direktur PT Berkah Estate Abadi (BEA), menjelaskan dari 2.500 Ton, 1.500 tumpah ke laut, yang hanya tersisa sekitar 1.000 ton.

"Kapal tongkang tersebut awalnya membawa muatan 2.500 ton, akan tetapi di saat angin dan ombak kencang menyeret kedua kapal tersebut, ada sebanyak 1.500 ton yang tumpah ke laut sehingga pihaknya hanya dapat mengambil sekitar 1.000 ton koral yang tersisa di atas tongkang," jelas Sari Afrianti, Minggu (18/2/2018).

Dalam evakuasi, Sari Afrianti yang hadir bersama Direktur PT BEA, Raja Junaidi,  mengungkapkan, saat ini kondisi tugboat Hongkin dan Tongkang Bintan 1 tersebut sudah berhasil dievakuasi. 

"Tugboat Hongkin dan Tongkang Bintan 1 dan saat ini sudah terapung, pihak perusahaan kita yang mengevakuasi," ungkap Sari Afrianti. 

Sari Afrianti, mengatakan beberapa hambatan selama ini yang dikerjakan terkait soal mesin penyedot yang sempat mengalami kerusakan disaat untuk menarik Tugboat Hongkin dan Tongkang Bintan 1 dari dalam ke permukaan laut. 

"Agak ribet karena mesin penyedot kita sempat mengalami kerusakan tetapi akhirnya dengan cara mesin ditanam dan ada alat pendukung lainnya bisa kita lalui dengan baik," kata Sari Afrianti

Direktur PT BEA, juga menambahkan bahwa pemiliknya meminta untuk waktu untuk pekerjaan evakuasi ini harus selesai dalam waktu 15 hari namun karena berkat kerja keras dari seluruh tim akhirnya cuma 1 minggu. 

"Untuk mengavakuasi dari kapal dalam kondisi karam selama 15 hari namun karena kerja keras tim dalam waktu 1 minggu sudah dapat kita kerjakan kedua kapal tersebut," tambah Raja Junedi. 

Sementara itu untuk pemindahan muatan koral dari Tugboad ke PT Ecogreen dan untuk barang materialnya diantar ke pelabuhan Ecogreen. (Juliadi) 



Share on Social Media