News, Kesehatan

Kaki Kirinya Diamputasi, Deskia Tak Patah Semangat Untuk Lawan Kanker

| Sabtu 17 Feb 2018 12:07 WIB | 1676




MATAKEPRI.COM - Kanker synovial sarcoma stadium empat yang diidap Deskia Rahayu Putri tak membuatnya patah semangat. Meski penyebaran kanker sudah ke paru-paru, gadis berusia 12 tahun ini gigih ingin sembuh. Kegigihan Deskia melawan kanker disampaikan ibunda tercintanya, Dina Mariyana.

Dina, yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan membuka warung di rumahnya di Semplak, Bogor, Jawa Barat menuturkan kondisi Deskia.

Ketika didiagnosis terkena kanker synovial sarcoma stadium empat oleh dokter ortopedi onkologi di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada 2016, Deskia sempat tidak semangat.

“Awalnya, dia enggak semangat. Tapi waktu itu kan di RSCM pasiennya banyak yang (kondisinya) lebih berat dari dia. Saya bilang, ‘Kamu bisa beruntung, kamu kuat,`” ujar Dina, Sabtu (17/2/2018).

Setelah diberikan semangat dan tahu kondisi penyakitnya, Deskia semangat ingin sembuh. Namun, akibat kanker tersebut, Deskia harus kehilangan kaki kirinya.

Ia diamputasi pada November 2017. Amputasi dilakukan agar sel kanker tidak makin menyebar ke organ tubuh lain. Sejak kaki kiri diamputasi, gadis manis itu berjalan dengan bantuan kruk.(***)


Sumber : liputan6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait