News, Kesehatan

Tanpa Disadari Makanan Ini yang Dapat Memicu Batu Ginjal

| Rabu 14 Feb 2018 14:02 WIB | 1323




MATAKEPRI.COM - Pentingnya memilah makanan yang tepat untuk dikonsumsi dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari, salah satunya batu ginjal. Tak sedikit makanan yang tanpa disadari dapat memicu gangguan pada ginjal dan menimbulkan batu di dalamnya.

Batu ginjal ditandai dengan hadirnya batu dengan berbagai ukuran dan terbentuk di dalam ginjal. Jika tidak ditangani, batu tersebut bisa turun ke arah saluran untuk buang air kecil dan memicu berbagai masalah lainnya.

Banyak yang belum memahami bahwa batu ginjal sendiri disebabkan oleh pola makan yang salah. Terdapat tiga kandungan zat makanan yang berperan dalam memicu batu ginjal.

"Penyebab batu ginjal bisa dari berbagai zat makanan dan itu lebih dari satu. Biasanya ada tiga bahan pemicunya, yaitu oksalat, kalsium, dan asam urat," ujar Spesialis Urologi RS Pondok Indah, dr. Hery Tiera, Sp.U k.

Untuk kalsium, biasanya terdapat pada produk susu dan turunannya, seperti susu tinggi kalsium dan keju. Sedangkan untuk makanan yang mengandung asam urat, biasanya sangat mudah ditemui.

"Kacang-kacangan dan turunannya itu mengandung asam urat seperti bumbu kacang di gado-gado, pecel, ketoprak. Ada juga ditemui di tempe dan tahu karena itu turunan kacang juga. Tak lupa juga melinjo yang dikonsumsi dalam bentuk emping," kata dia.

Lebih lanjut, makanan yang mengandung zat oksalat juga patut diperhatikan seperti cokelat, daging merah dan stroberi. Hery lantas menyarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak untuk mencegah ragam makanan itu mengendap dan memicu pembentukan batu.

"Karena minum kurang, urinnya jadi pekat, ditambah dari makanan tersebut yang ada asam urat, oksalat, dan kalsium, makin memicu urin mengkristal dan jadi batu. Jadi memang harus banyak minum dan jangan konsumsi berlebihan untuk makanan tersebut,” ucapnya.(***)


Sumber : viva



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait