News, Ekonomi

Syukurlah, Bulan Januari Inflasi di Batam Mengalami Peningkatan!!!

| Selasa 06 Feb 2018 11:27 WIB | 908




MATAKEPRI.COM, Batam - Januari 2018 Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepulauan Riau meningkat, tercatat IHK mencapai 0,88 % (mtm) meningkat dibandingkan inflasi bulan lalu sebesar 0,73 % (mtm).

 

Secara tahunan Inflasi Kepri juga mengalami pengingkatan, tercatat 4,19 % (yoy) dibandingkan bulan lalu 4,02 % (yoy).

 

"Selama tiga tahun terakhir Inflasi Januari ini lebih tinggi dibanding rata-rata historinya 3 tahun terakhir yaitu 0,31 % (mtm)," ujar Kepala Bank Indonesia perwakilan Kepri, Gusti Raizal eka Putera, dalam siaran persnya, Senin (5/2/2018).

 

Inflasi Januari ini didorong oleh inflasi bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, seperti beras dan juga paling banyak juga disumbang oleh kenaikan upah tukang bukan mandor. Namun harga barang/jasa yang diatur oleh pemerintah mengalami deflasi dikarenakan penurunan tarif angkutan udara.

 

Untuk Bahan pokok mencatatkan inflasi sebesar 3,92 % (mtm), lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya sebesar 2,31 % (mtm), yaitu disebabkan kenaikan harga beras dan bayam. Peningkatan harga beras dikarenakan kenaikan harga dari pemasok seperti Cipinang, sedangkan kenaikan harga bayam dikarenakan tingginya curah hujan bulan Januari dan mengakibatkan kegagalan panen.

 

"Sedangkan untuk kelompok inti mencatatkan inflasi 0,41 % (mtm), hal itu disebebkan kenaikan upah tukan mandor dan emas perhiasan, kenaikan upah tukang karena dampak dari penyesuaian tarif di awal tahun sedangkan kenaikan harga emas disebabkan kenaikan harga emas dunia," kata Gusti.

 

Sedangkan untuk kelompok Harga barang/jasa yang diatur Pemerintah seperti harga tiket angkutan udara yang mengalami deflasi sebesar 0,61 % (mtm). (***)


Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait