News, Kesehatan

Yuk, Intip Fakta dan Mitos Seputar Air Putih!!!

| Sabtu 27 Jan 2018 14:01 WIB | 2114




MATAKEPRI.COM - Setiap ​manusia ​pasti ​membutuhkan ​cairan ​untuk ​mencukupi ​kebutuhan ​tubuh. Kandungan air yang ada di tubuh manusia bahkan hampir 60% lho, bahkan bisa mencapai 75% pada bayi. ​Kebayang dong gimana pentingnya air untuk kita?

Meski pun ​terlihat ​sederhana ​ternyata ​kebiasaan ​minum ​air ​masih ​sering ​ditemukan beberapa ​kesalahpahaman ​atau ​mitos. ​Apa ​saja saja ya? Yuk intip fakta dan mitosnya berikut ini.

1. Fluorida ​gak ​menyebabkan ​kerusakan ​gigi

Fakta.
Kandung fluorida adalah salah satu mineral alami yang sangat baik untuk kekuatan enamel pada gigi. Inilah yang membuatnya gak gampang rusak. Jadi, jangan gampang terpengaruh dengan isu hoax mengenai flourida yah karena kandungan mineral ini berguna bagi tubuh kita.

2. Menjaga ​kelembapan ​kulit

Fakta.
Ingat, semakin banyak kamu minum air maka semakin baik untuk menjaga kesehatan kulit bahkan menutrisi sel-sel kulit kamu loh. Percaya atau gak, saat tubuh kamu kekurangan air bisa bikin kulit kamu menjadi kasar. Paling gak, biasakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari secara rutin dan teratur. Selamat tinggal kulit kasar!

3. Haus ​berarti ​dehidrasi

Fakta.
Haus berarti dehidrasi. Tetapi ada banyak gejala yang bisa kamu rasakan jika kamu dehidrasi seperti mulut kering, sakit kepala, kesadaran menurun, hingga sulit berkonsentrasi. Bahkan ada lho, ketika kamu menangis malah gak ada air mata yang keluar. Seram kan? Pastikan kamu mencukupi kebutuhan air untuk tubuhmu ya. 

4. Bisa menurunkan berat tubuh

Fakta.
Berita bagus nih buat kalian yang lagi menjalankan diet. Mengonsumsi air ternyata dapat membantu proses penurunan berat badanmu. Hal ini disebabkan karena air mengandung nol kalori. Malahan, air membantu kamu untuk membakar kalori lho dengan menahan nafsu  makanmu jika dikonsumsi sebelum makan. Boleh banget dicoba!

5. Air ​dengan ​pH ​tertentu ​lebih ​baik ​untuk ​kesehatan

Mitos.
Mungkin kalian sangat familiar dengan istilah air alkali yang dinilai memiliki pH di atas kadar pH air minum pada umumnya, sekitar lebih dari 7 yang mana cederung bersifat basa. Sifatnya yang basa ini diyakini bisa menetralisir asam di dalam tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit.

Faktanya, air alkali mungkin bagus untuk penyakit tertentu saja, bukan untuk konsumsi setiap hari. Karena tubuh manusia akan menyeimbangkan pH setiap makanan atau minuman apapun yang masuk ke dalam tubuh. Jadi mungkin jika air alkali dikonsumsi setiap hari, lambung akan bekerja keras untuk menyeimbangkannya dalam tubuh yang jadinya juga kurang baik untuk kesehatan.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait