Karimun, News, Kepri, Karimun, Publik

Kios Pedagang Kaki Lima Diatas Trotoar Jalan, Akan Ditata Kembali

| Sabtu 27 Jan 2018 13:12 WIB | 884

Lingkungan Hidup


Bupati Karimun Aunur Rafiq saat meninjau dan memberikan himbauan kepada PKL yang berjualan diatas trotoar jalan, Sabtu (


MATAKEPRI.COM, Karimun (Marwahkepri.com) - Kios-kios pedagang kaki lima (PKL) yang berada diatas trotor-trotoar jalan sepanjang Jalan Raja Osman Baran Timur (Depan RSUD HM Sani TBK) dan Jalan Jend Ahmad Yani Sei Lakam hingga ke Balai Kota, akan dirapikan drngan menata ulang. Hal itu disampaikan Bupati Krimun, Aunur Rafiq saat turun meninjau langsung dan memberikan himbauan kepada paedagang, Sabtu (27/1/2018) pagi.

Dalam tinjauan itu, Aunur menyampaikan kepada para pemilik kios agar kios-kios miliknya, dirapikan. Semenyara kios yang tidak ada pemiliknya, akan dibongkar. Pada kesempatan itu, Aunur juga menyampaikan bahwa. Usai didata, kios-kios itu akan direnovasi dan direlokasikan dengan mengandeng pihak-pihak perbankan, dengan menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) Bank.

Dikatakan, pemerintah daerah Kabupaten Karimun memelalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan (Disperum KPK) Kabupaten Karimun bersama pihak perbankan yang ada di Karimun, melakukan penataan ulang. Sehingga lapak-lapak ataupun kios-kios tersebut, terlihat lebih rapi dan bersih.

"Lapak yang ada orangnya, kita sampaikan agar lapak atau gerobaknya, dirapikan. Lapak yang nga ada orangnya, akan dibongkar oleh Satpol PP," ungkapnya.

Disebutkan, sedangkan pedagang yang berada dilokasi halte-halte, nantinya, juga akan dilakukan renovasi, dengan membuat sekat-sekat pada halte. Dengan hal itu, pedagang yang sebelumnya berada diatas trotoar yang dinilai agak menganggu kenyamanan publik, dapat ditempatkan dihalte tersebut.

Sementara itu, sambunhnya, untuk para pedagang yang berjualan makanan dan minuman yang menghasilkan limbah bekas makanan, juga akan dilakukan penataan. Penataan itu, salah satunya dengan memperbaiki atau membuat saluran pembuangan limbah harian keselokan (Parit). Sehingga limbah warung tersebut, tidak mrnumpuk dan tanpak kotor.

"Untuk kios penjual makanan dan minuman (Warung makan), akan kita rapikan dan membuat saluran pembuangan. Agar limbah sisa makanan, dapat langsung dibuang keparit. Sehingga, akan lebih terlihat rapi dan bersih," pungkasnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan (Disperum KPK) Kabupaten Karimun, Dra Rosmawati MM.Pub yang juga turut dalam rombongan itu menyampaikan bahwa program yang yang akan dijalankan tersebut, tidak lain halnya bertujuan untuk keindahan kota Karimun, bumi beazam ini.

"Kita sangat mendukung program ini, karena, tujuanya sangat baik dan sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten karimun yang indah, rapi dan bersih," ucapnya. (hasian)