News, Kesehatan

Puskesmas Suranenggala Mengamankan Sampel Kerang Hijau yang Diduga Penyebab Keracunan Massal

| Jumat 26 Jan 2018 16:24 WIB | 1936




MATAKEPRI.COM, Cirebon - Puskesmas Suranenggala mengamankan sampel kerang hijau yang diduga menjadi penyebab keracunan massal di Kecamatan Suranenggala, Cirebon. Kepala Puskesmas Suranenggala Sidik mengatakan sampel kerang hijau tersebut bakal diserahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Cirebon untuk uji laboratorium.

"Kita sudah ambil beberapa sampel kerah hijau. Harusnya kita juga ambil sampel muntahan warga, cuma berhubung muntahannya sudah tak ada. Kita hanya ambil sampel kerang hijau yang sudah matang," ucap Sidik.

Selain mengumpulkan sampel, Sidik juga masih melakukan pendataan terhadap warga yang mengalami keracunan. Kejadian keracunan akibat mengonsumsi kerang hijau, dikatakan Sidik, bukanlah kali pertama di Suranenggala.

"Tahun 2016 lalu juga ada yang keracunan. Kita masih mendata untuk warga yang keracunan, kemungkinan bertambah," kata Sidik.

Sebanyak 32 warga Kecamatan Suranenggala mengalami keracunan akibat mengonsumsi kerang hijau. Warga yang mengalami keracunan itu berasal dari tiga desa, yakni Desa Suranenggala Lor, Suranenggala Kulon, dan Karangreja.

Dari 32 warga yang mengalami keracunan itu, tujuh di antaranya masih menjalani perawatan di Puskesmas Suranenggala dan RS Pertamina Cirebon. (***)

 

 



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait