News, Kesehatan

Negara dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia, Kini China Bangun Menara Pembersih Udara Bertenaga S

| Selasa 23 Jan 2018 15:32 WIB | 1397




MATAKEPRI.COM - China dikenal sebagai salah satu negara dengan kualitas udara terburuk di dunia. Riset terbaru dari Energy Policy Institute, University of Chicago (EPIC), menyebut akibat polusi angka harapan hidup penduduk di utara China berkurang hingga 3,1 tahun.

Angka harapan hidup penduduk berkurang karena mereka jadi rentan terhadap masalah pernapasan dan penyakit kardiovaskular.

Menanggapi hal tersebut pemerintah setempat berusaha membangun menara setinggi 100 meter yang akan difungsikan sebagai pembersih udara raksasa bertenaga surya. Menara yang didirikan di Provinsi Shaanxi ini disebut dapat menghasilkan sekitar 10 juta kubik meter udara bersih per hari.

Kepala ilmuwan Cao Junji mengatakan menara bekerja dengan cara menghisap udara kotor dan memanaskannya dengan tenaga surya. Udara panas akan naik melewati beberapa filter udara di dalam menara hingga akhirnya keluar bersih bebas polusi.

"Besar menara ini tidak ada saingannya... Hasilnya juga cukup memuaskan," kata Cao seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (23/1/2018).

Sebetulnya menara pembersih udara di Shannxi bukan yang pertama. China diketahui pernah mendirikan menara pembersih udara di Beijing namun tidak bertahan secara optimal karena masih menggunakan tenaga listrik.(***)

 



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait