News, Pendidikan

Aksi Pemuda Desa Untuk Membantu Memperbaiki Gubuk Milik Kakek Mur

| Senin 22 Jan 2018 16:48 WIB | 1417




MATAKEPRI.COM, Kabupaten Cirebon - Pemuda Desa Panguragan Kulon terketuk hatinya untuk membantu Mursino atau Mur (67), seorang nenek asal Cirebon yang hidupnya sebatang kara. Mereka bergerak membongkar dan memperbaiki gubuk milik Mur yang berada di Blok Karangmoncol, Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Salah seorang koordinator Pemuda Desa Panguragan Kulon, Abdul Basit mengatakan bedah rumah tersebut dilakukan atas inisiatif para pemuda dan donatur dari Kecamatan Panguragan.

"Kita awalnya bergerak dari media sosial, menggalang bantuan lewat media sosial. Alhamdulillah banyak yang memberikan donasi," ucap Basit saat ditemui di lokasi rumah milik Mur, Senin (22/1/2018).

Basit menuturkan karena rumah milik Mur berada di tanah milik pemerintah, akibatnya bangunan rumah tak bisa dibangun secara permanen. Namun, bagi Basit, yang terpenting Mur bisa tidur dengan nyaman.

"Kita tidak sampai permanen. Intinya agar lebih layak saja. Tadinya kan cuma beralas tanah, kita semen agar tidak terlalu dingin. Terus, geribiknya kita ganti pakai asbes," ujar Basit.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Panguragan Kulon Nono Sugina mengaku siap memfasilitasi gerakan yang dilakukan pemuda desanya. Bahkan, Nono sudah berkoordinasi dengan lembaga Bazanas Cirebon agar Mur mendapatkan bantuan.

"Ibu Mur juga sudah dalam pengawasan pemerintah desa. Ibu Mur kan tak punya keluarga, sebatang kara. Perlu untuk kita bantu," kata Nono.

Lebih dari 20 tahun Mur tinggal di gubuk tersebut. Di mata para sahabatnya, Mur dikenal rajin ibadah. Kini aktivitas Mur hanya bisa terbaring di tempat tidur. Karena, mata dan telinga Mur tak berfungsi normal.

 (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait