News, Kesehatan

Ini Dia 5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Harus Segera Anda Tinggalkan

| Senin 22 Jan 2018 15:18 WIB | 1333




MATAKEPRI.COM - Setiap orang pasti sering dan tanpa sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. Saking seringnya, sampai menganggap itu menjadi hal yang biasa dan tidak terlalu berbahaya. Namun, bila kebiasaan-kebiasaan itu terus dibiarkan, tentu akan berdampak bagi kesehatan.

Mumpung belum terlalu jauh memasuki tahun baru, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan kembali melakukan kebiasaan buruk itu dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih sehat. Seperti dikutip dari Women's Weekly, berikut 5 kebiasaan tidak sehat yang harus segera Anda tinggalkan.

1. Melewati sarapan

Banyak alasan mengapa kita tidak boleh melewati sarapan. Ya, melewati sarapan bisa mempengaruhi metabolisme dan gula darah Anda. Hal ini dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan International Journey of Obesity, melewatkan sarapan membuat metabolisme melambat sehingga membuat tubuh menjadi lesu dan berat badan bertambah.

Selain itu tidak sarapan di pagi hari akan membuat Anda makan berlebihan di siang hari. Karena itu, siapkan sarapan Anda sebelum memulai aktivitas. Makanan yang masuk di pagi hari membantu melancarkan pencernaan, mengaktifkan metabolisme, serta mengatur kadar gula darah di tubuh.

 

2. Menggunakan make up kadaluarsa

Perempuan terkadang tidak memperhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan make up tersebut. Padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan make up tersebut bisa digunakan.

Seiring waktu, bakteri dapat masuk ke dalam make up yang sudah pernah dipakai atau terbuka. Hal ini bisa menyebabkan bakteri tersebut ditransfer ke wajah yang dapat menimbulkan iritasi atau infeksi. Rekomendasi waktu pengunaan kosmetik adalah maskara selama tiga bulan, eyeliner dan eyeshadow selama enam bulan sampai 12 bulan, lipstick selama 12 bulan.


3. Menggigit kuku

Tak sekadar membuat kuku menjadi rusak dan tampak sangat pendek, hobi gigit-gigit kuku juga memberikan dampak lain bagi kesehatan.

Lauren Ploch, MD, pakar dermatologi dari Amerika Serikat mengatakan efek negatif kebiasaan menggigit kuku bukan sekadar gigi yang rusak atau kuku yang tak indah. Menggigit kuku dapat membuat kuman-kuman yang ada di jari masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

 

4.Makan siang di meja kerja

Pekerjaan yang menumpuk seringkali buat Anda lupa makan siang atau makan di atas meja kerja. Padahal, makan siang di atas meja kerja bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Studi yang dilakukan Herbalife menemukan bahwa karyawan yang makan siang di meja yang memungkinkan tidak banyak bergerak dan duduk dalam waktu lama tidak baik untuk sirkulasi darah dan mata.

Di samping itu, makan siang sambil melakukan pekerjaan bisa menyebabkan Anda makan lebih banyak dari seharusnya karena Anda tidak memperhatikan apakah Anda kenyang. Sebaiknya makan siang di sekitar gedung atau jika terpaksa makan siang di meja, lakukan beberapa latihan di sela-sela istirahat sebelum Anda memulai bekerja lagi.

 

5. Kurang tidur

Menurut Badan Promosi Kesehatan, kurang tidur berakibat pada hilangnya konsentrasi, respons yang lebih lambat dan pengambilan keputusan yang berisiko. Di samping itu, kurang tidur juga bisa mempengaruhi emosional sehingga menyebabkan iritabilitas dan depresi.

Usahakan tidur setidaknya enam sampai delapan jam sehari. Jika Anda merasa sulit untuk tertidur di malam hari, Anda dapat melakukan aktivitas yang membantu menenangkan indera Anda seperti mandi busa atau mendengarkan musik yang menenangkan.

 

(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait