Karimun

Bupati Harap Dirut BUP Karimun Yang Baru, Mampu Gali Potensi Yang Ada

Maman | Rabu 17 Jan 2018 19:20 WIB | 641

Bupati


Bupti Karimun, Anur Rafiq didampingi Kabag Humas Pemkab Karimun, saat diwawancarai awak media, usai melantik Dirut BUP K


MATAKEPRI.COM, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq berharap agar Direktur Utama Badan Usaha Kepelabuhan (Dirut BUP) Daerah Kabupaten Karimun, M Syahrizal SH yang baru dilantik.  Mampu menggali potensi-potensi yang ada dan strategis bagi BUP, selaku salah satu  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Karimun, untuk peningkatan kontribusi bagi pendapatan asli daerah.

Hal itu disampaikan Bupati, saat memberikan kata sambutan usau melantik dan pengambilan sumpah jabatan serta penanda tanganan fakta intregritas, Direktur Utama BUP Karimun, Rabu (17/1/2018) di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun.

Dikatakan, sebagai pejabat yang baru untuk melanjutkan masa jabatan Dirut yang lama, selama 2.5 Tahun itu, mampu meningkatkan pendapatan daerah dengan melakukan kerjasama yang baik dengan para komisioner baikpun staf di internal BUP untuk mengambil kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah dalam peningkatan serta penggalian potensi-potensi yang ada maupun strategis di Kabupaten Karimun.

"Tentunya, berbicara dengan kebadiman ini, BUP yang merupakan salah satu BUMD Karimun yang memiliki hal yang strategis ini, harus mampu menggali potensi-potensi dan menggandengkan, bekerjasama dengan institusi-institusi tertentu yang berkaitan dengan masalah kemaritim ini," ujarnya.

Dengan itu, lanjutnya, segala hal yang berkaitan dengan itu, tentunya harus dituangkan dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah) yang disahkan melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Berdasarkan itu, semua hasilnya keputusanya, menjadi pedoman untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab, sesuai dengan fungsinya.

Sumber-sumber potensi yang dapat digali, sambungnya, salah satunya masalah labug jangkar kapal longover ataupun sesuai UU Nomor 23 tentang kelautan, yang bagian dari pemerintah Provinsi, tetapi masih bisa daerah untuk bekerjasama . Sehingga, potensi-potensi itu, bisa didapatkan dengan kerjasa dengan Dinas Kepelabuhan dan Dinas Perhubungan Provinsi untuk labuh jangkar kapal tersebut.

"Selain itu, potensi besar yang dapat digali lagi, adalah Maning Scrub untuk pembangunan pelabuhan bongkar muat. Saat ini, banyak uks-uks yang ada diperusahaan yang tidak bisa kita satukan dengan potensi ini," tambahnya.

Dijelaskan, permasalahan potensi Srub itu, Bupati Karimun telah menyampaikan kepada pihak perusahaan dan beberapa orang dari komisioner BUP. Pembangunanya nantinya adalah BUP. Sehingga kedepan, diharapkan potensi ini. Menjadi salah satu potensi yang bisa menghasilkan pendapatan dibidang usaha Kepelabuhan Kabupaten Karimun.

Ditambahkan, selain potensi yang ada, terkait relokasi atau pemindahan pelabuhan internasional ke Kawasan Coastal Area Kecamatan Tebing sesuai dengan yang diwacanakan dan pembangunanya saat ini telah berjalan, ground trakingnya sudah selesai. Jadi, BUP dalam hal ini, memilik peluang besar, jika relokasi terjadi. 

Relokasi tidak mengurangi dari sisi pendapatan, tetapi harus bisa memberikan nilai tambahan dimasa yang akan datang dan akan menjadi sumber pendapatan daerah Kabupaten Karimun yang besar. Oleh karena itu, menjadi tugas dan tanggungjawab secara intens. Sehingga dengan keberadaan ini, menjadi satu peluang besar dimasa yang akan datang.

"Pemerintah Daerah kan tidak bisa melakukan bisnis. Oleh itu, Komisioner BUP maupun pengawas BUMD lah yang menjadi perpanjang tangan pemerintah," pungkasnya. (hasian)