News, Hiburan, Pendidikan

WOW!!! Peneliti Menemukan Fosil Dinosaurus yang Berukuran Seperti Ayam Kalkun???

| Sabtu 13 Jan 2018 12:53 WIB | 3452




MATAKEPRI.COM - Beberapa fosil dinosaurus berhasil ditemukan di Selat Bass Australia sebelah tenggara, tepatnya di laut selatan negara bagian Victoria, sekitar 170 kilometer dari Melbourne. Setelah diteliti fosil itu merupakan dinosaurus yang dinamai Diluvicursor pickeringi.

Peneliti menemukan fosil dinosaurus tersebut memiliki dua kaki, berukuran seperti ayam kalkun. Dinosaurus tersebut diduga merupakan pemakan tumbuhan dan dulunya terbawa arus sungai yang sangat besar. 

Dikutip situs Reuters, Jumat 12 Januari 2018, fosil dinosaurus tersebut ditemukan di antara fosil batang-batang pohon. Diluvicursor pickeringi yang ditemukan adalah hampir seluruh bagian buntut dan seluruh bagian kaki kanan belakang. Tinggi Diluvicursor pickeringi mencapai 2,3 meter. 

Ahli paleontologi mengatakan, Diluvircursor pickeringi ini diperkirakan hidup 113 juta tahun lalu. Penemuan ini juga menambah catatan habitat dinosaurus di Australia sejak zaman Cretaceous, masa saat dataran masih terhubung dengan Antartika sampai 45 juta tahun lalu. 

"Penemuan tulang belulang dinosaurus di Australia ini tergolong sangat jarang," kata Herne. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait