Karimun, News

Seminar Kebangsaan di Karimun Mengusung Tema “Menuju Generasi Indonesia 2045”

| Jumat 12 Jan 2018 13:14 WIB | 2139




MATAKEPRI.COM, Karimun - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, M. Firmansyah, membuka secara langsung Seminar Kebangsaan dengan mengusung tema “Menuju Generasi Indonesia 2045” di Gedung Nilam Sari, Kamis pagi (11/1/2018).

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, M. Firmansyah mengatakan, untuk menciptakan generasi yang baik dan berbudiman harus dibarengi dengang kecerdasaan yakni, kecerdasaan intelektual, emosional dan spiritual.

“Dengan adanya kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual ini sangat penting bagi anak generasi muda. Tanpa adanya kecerdasan, tentunya sulit bagi kita untuk mencapai generasi emas yang selama ini terus di idam-idamkan bangsa Indonesia,” katanya.

Firman menambahkan, selain para Guru-guru di Sekolah, diharapkan perlu juga peran dari orangtua dalam pembimbingan agar terciptanya generasi penerus bangsa yang cerdas.

Sementara itu, Anggota DPR RI Dapil Provinsi Kepri, H. Hardi Selamat Hood yang merupakan narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan, saat ini tantangan untuk menciptakan generasi emas penerus bangsa adalah di Pendidikan.

“Sampai saat ini kesenjangan partisipasi pendidikan antar wilayah belum maksimalnya pelaksanaan wajib belajar pendidikan 12 tahun yang berkualitas serta belum dapatnya layanan akses PAUD berkualitas menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pendidikan berkarakter adalah nilai penting untuk di memulai pada anak usia dini. Pasalnya, pendidikan berkarakter adalah proses yang ditunjukan untuk mengembangkan nilai, sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti.

“Sejatinya pendidikan karakter ini memang dimulai sejak dini, sebab falsafa menanam sekarang menuai hari esok adalah sebuah proses yang harus dilakukan dalam rangka membentuk karakter anak bangsa,” ujarnya.

Selain dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, M. Firmansyah, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPD RI, Hardi Selamat Hood, Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim dan sejumlah Guru dari Taman Kanak-kanak ( TK ) dilingkungan Pulau Karimun. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait