News, Ekonomi

Target Pertumbuhan Ekonomi Sebesar 5,4 Persen pada Tahun ini Dinilai akan Tercapai

| Rabu 10 Jan 2018 14:12 WIB | 911




MATAKEPRI.COM - Target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen pada tahun ini dinilai akan tercapai. Namun syaratnya, pemerintah harus mampu menjaga daya beli masyarakat dan didukung oleh pertumbuhan ekonomi global yang stabil.

Head of Intermediary PT Schroders Investment Management Indonesia, Teddy Oetomo mengatakan, pada 2017, perekonomian global tumbuh dinamis dan penuh tantangan.

Namun pada tahun ini, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan membaik. Hal ini lantaran adanya sentimen-sentimen positif seperti pertumbuhan ekonomi Eropa, Jepang dan Amerik Serikat (AS) yang menunjukkan tren positif.

"Ini didukung dengan membaiknya perdagangan global dan pelonggaran kebijakan fiskal AS," ujar dia di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Menurut dia, optimisme akan membaiknya pertumbuhan ekonomi global dinilai akan menjadi katalis bagi perekonomian Indonesia. Dengan demikian, target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 menjadi lebih lebih realistis dan akan tercapai.

"Tapi dengan catatan, pertumbuhan konsumsi masyarakat terjaga di 2018," kata dia.

Sementara dari sisi internal, adanya 171 pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 17 provinsi. Pesta demoktrasi ini diharapkan dapat menjadi pendorong daya beli masyarakat.

"Sekitar 100 lebih daerah akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Ini lebih besar dari Pilkada serentak di 2017 lalu. Ada tiga provinsi besar, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang populasi 30 persen-40 persen dari total masyarakat Indonesia. Ini diharapkan dapat mendorong daya beli masyarakat di 2018," tandas dia.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait