News, Pendidikan

Ternyata, Ini Makna Simbolik Tanam Ari-Ari Bayi pada Masyarakat Jawa

| Selasa 09 Jan 2018 15:11 WIB | 3285




MATAKEPRI.COM - Tradisi menanam atau mengubur ari-ari kental dilakukan masyarakat Jawa. Seperti yang dilakukan istri Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono.

 

Dalam akun Instagram pribadinya, Ani menanam ari-ari cucunya yang baru lahir, Gayatri Idalia Yudhoyono.

 

Ada makna simbolik menanam ari-ari Bagi orang Jawa. Hal ini tertulis dalam jurnal berjudul, Tradisi Adat Jawa Menyambut Kelahiran Bayi (Studi Tentang Pelaksanaan Tradisi Jagongan Pada Sepasaran Bayi) di Desa Harapan Harapan Jaya Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, yang ditulis Listyani Widyaningrum.

 

Ari-ari yang berperan menyalurkan nutrisi itu dianggap sebagai teman bayi sejak dalam kandungan. Ketika bayi lahir, ari-ari yang dipotong tetap dirawat dan dikubur dengan baik.

 

Perlakuan yang baik ini agar ari-ari atau plasenta tidak dimakan binatang atau membusuk di tempat sampah, ditulis Selasa (9/1/2018).

 

Menanam ari-ari juga dikenal dengan sebutan upacara mendhem ari-ari. Ari-ari ditempatkan di dalam kendhil dan diberi daun talas. Alas daun talas mempunyai simpol agar sang anak kelak tumbuh tidak hanya memikirkan hal duniawi saja.(***)

 



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait