News, Hukum & Kriminal

Napi Mengamuk, Sejumlah Ruangan Perkantoran di LP Banda Aceh Dibakar

| Jumat 05 Jan 2018 11:53 WIB | 866




MATAKEPRI.COM, Aceh - Sejumlah ruangan perkantoran di LP Banda Aceh dirusak dan dibakar napi yang mengamuk. Akibatnya, sejumlah dokumen hangus terbakar. Lalu bagaimana dengan data napi?

"Sebagian dokumen saya lihat ada yang terbakar. Tapi kita sudah punya sistem database yang kita miliki di pusat. Seluruh data narapidana di Indonesia sudah tercatat," kata Plt Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Marzoeki kepada wartawan, Kamis (4/1/2018) malam. 

Marzoeki dan rombongan tadi malam melihat langsung kondisi LP pascakerusuhan. Ia terbang dari Jakarta dan mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar sekitar pukul 21.00 WIB. Usai mendarat, Marzoeki langsung menuju ke LP. 

Ia berada di LP selama beberapa jam. Kapolresta Banda Aceh Kombes Saladin terlihat ikut menemani. Kondisi di LP tadi malam sedikit gelap karena ruangan perkantoran yang terbakar tidak lagi memiliki penerangan. Hanya bangunan paling depan ada lampu menyala. 

Menurutnya, pihaknya masih mendata kerusakan terkait kerusuhan pada Kamis (4/1) sekitar pukul 11.00 WIB kemarin. Perbaikan akan segera dilakukan. 

"Masih dilakukan penghitungan dan (akan dilakukan) perbaikan mana-mana yang rusak," jelasnya. 

Sementara itu, Kasubbag Analisa & Strategi Komunikasi Ditjenpas, Rika Aprianti, mengatakan, beberapa ruangan hangus dibakar para napi yang mengamuk kecuali ruang Kalapas dan Tata Usaha (TU). "Bangunan terbakar ruang KPLP, ruang Binadik, Ruang Kamtib," kata Rika dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (5/1). (***)

Sumber : www.detik.com



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait