News, Politik

Masyarakat Lebih Banyak Memilih Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2019

| Rabu 03 Jan 2018 13:58 WIB | 1415




MATAKEPRI.COM - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis, masyarakat lebih banyak memilih Joko 'Jokowi' Widodo dan Prabowo untuk posisi calon Presiden di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

1. Presentase: Jokowi mendominasi dari Prabowo

Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Pemilu versi Survei SMRC
IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasil survei tersebut, diketahui Jokowi mendapatkan presentase lebih besar dibandingkan Prabowo. Yakni 64,1 persen dan 27,1 persen. Sementara Anies Baswedan mengalahkan Gatot Nurmantyo (13%) dan Agus Harimurti Yudhoyono (13%) dengan presentase 15,0 persen.

Berdasarkan suara masyarakat terbanyak ada pada Jokowi dan Prabowo, SMRC pun melakukan analisis demogafi mengenai masyarakat yang memilih keduanya.

2. Gender: Prabowo lebih banyak pria, Jokowi hampir imbang

Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Pemilu versi Survei SMRC
republika.co.id

Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan menjelaskan dari segi gender, pemilih Prabowo lebih banyak didominasi laki-laki dibandingkan perempuan. 

"Pemilih Prabowo sedikit lebih unggul dikalangan laki-laki," kata Djayadi di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Sementara itu, pemilih Jokowi hanya selisih satu angka saja. Dimana pria sebanyak 54 orang dan wanita sebanyak 53 orang.

3. Pendukung: Jokowi unggul di pedesaan, Prabowo di perkotaan

Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Pemilu versi Survei SMRC
merdeka.com

Di sisi para pendukung, Jokowi ternyata lebih tinggi berada di pedesaan dengan hasil survei sebanyak 58 orang memilihnya, dibandingkan dengan hasil perkotaan sebanyak 49 orang. 

Sedangkan untuk pemilih Prabowo, cenderung lebih tinggi di perkotaan dibanding pedesaan dengan hasil sebanyak 22 orang di perkotaan dan 15 orang di pedesaan.

"Pemilih Jokowi cenderung lebih tinggi di pedesaan. Sementara pemilih Prabowo cenderung lebih tinggi di perkotaan," jelas Djayadi lagi.

4. Pemilih: Prabowo kalangan muda, Jokowi kalangan lebih Tua

Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Pemilu versi Survei SMRC
okezone.com

Djayadi Hanan juga menjelaskan hasil survie adalah usia rata-rata pemilih Jokowi dan Prabowo. Di mana pemilih Jokowi lebih tinggi kalangan dari usia yang telah berumur. Antara 26 tahun hingga di atas 55 tahun. 

Sedangkan untuk Prabowo, usia para pemilihnya hampir seimbang. Dimana lebih tinggi di usia 29 tahun ke bawah.

"Dari segi umur hampir sama polanya, Pak Jokowi dikalangan muda jumlah pemilihnya lebih sedikit. Sementar Prabowo sebaliknya, dikalangan yang lebih muda cukup berimbang atau khusus untuk pemilih pemula lebih banyak," jelas Djayadi lagi. 

5. Etnis: Jokowi unggul di Batak dan Jawa, Prabowo unggul di Sunda dan Minang

Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Pemilu versi Survei SMRC
merdeka.com

Dilihat dari sisi etnis, Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan mengatakan bahwa pendukung Jokowi lebih banyak dari etnis Batak dan Jawa. Dengan jumlahnya 73 orang dan Jawa sebanyak 59 orang. Sementara itu, pendukung Prabowo unggul di etnis Sunda sebanyak 37 orang dan Minang sebanyak 30 orang.(***)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait