News, Kesehatan

Demi Bertahan Hidup, Pria Ini Harus Minum 20 Liter Air???

| Jumat 29 Dec 2017 12:40 WIB | 1354




MATAKEPRI.COM, JakartaButuh perjuangan ekstra untuk bisa membiasakan minum 1-2 liter air dalam sehari. Tetapi demi bisa bertahan hidup, seorang pria asal Jerman dipaksa minum air 20 liter sehari.

Bila tidak, pria bernama Marc Wubbenhorst itu bisa sekarat karena dehidrasi. Mengapa demikian? Dikutip dari Oddity Central, ternyata Marc mengidap sebuah penyakit metabolisme langka yang disebut diabetes insipidus.

Rasa haus yang dirasakan Marc juga bukan haus biasa. Konon ini tidak bisa hilang hanya dengan minum 1-2 gelas air saja. Di satu sisi, tubuh Marc tak bisa menyimpan air lama-lama, sebab ginjalnya memfilter cairan tersebut sesegera setelah diteguk.

Itulah sebabnya pengidap diabetes insipidus akan terus mengeluarkan urine dalam jumlah besar, bahkan beberapa saat setelah minum berliter-liter air.

Akibatnya Marc juga tak bisa menahan haus lebih dari sejam karena ia akan memperlihatkan gejala dehidrasi yang buruk seperti bibir pecah-pecah, pening dan sakit kepala, yang umumnya dialami orang-orang yang tidak minum selama 2-3 hari.

Dibandingkan siang hari, malam hari adalah saat terburuknya. Pria berusia 35 tahun itu mengaku tak bisa tidur lebih dari dua jam karena berulang kali harus bangun, minum lalu ke kamar kecil. Dan jika dihitung-hitung, Marc harus ke toilet lebih dari 50 kali dalam 24 jam.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait