News, Pendidikan

Ini Tiga Pesan Anies kepada Mahasiswa saat Sesi Penyerahan Beasiswa

| Rabu 27 Dec 2017 11:08 WIB | 1503




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan bantuan beasiswa kepada 4.561 mahasiswa D3-S3. Beasiswa tersebut merupakan bantuan pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Beasiswa Jakarta.

Anies menyampaikan tiga pesan kepada para penerima beasiswa. Pesan pertama, penerima beasiswa memiliki tanggungjawab moral dan ekstra.

"Sebagai penerima beasiswa anda punya tanggung jawab moral ekstra karena ikut mendukung kegiatan belajar anda dari semua, bukan hanya diri anda, bukan hanya orang tua tapi masyarakat di luar sana, lewat apa, lewat yayasan beasiswa," kata Anies, di Balai Pertemuan Lantai Dasar Blok G Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2017).

"Ini adalah dukungan dari masyarakat. Karena itu kita punya tanggungjawab moral ekstra," lanjutnya.

Anies mengatakan penerima beasiswa memiliki konsekuensi yakni prestasi akademik yang dituntut harus baik. Namun, ia mengingatkan penerima beasiswa untuk juga menumbuhkan prestasi di bidang lainnya.

"Jangan akademik saja, kombinasikan akademiknya kuat tapi juga tumbuhkan life skilnya, kepemimpinannya, enterpreneurshipnya, kemampuan organisasinya tumbuhkan sehingga anda jadi orang yang komplet. Akademik kuat, intelektual solid, leadership baik maka insyaallah anda akan menjadi orang yang bermanfaat di masa depan," tuturnya.

Pesan kedua, kata Anies prestasi. Kemudian pesan ketiga, penerima beasiswa harus menanamkan dalam dirinya bahwa kelak mereka juga akan menjadi pemberi beasiswa.

"Hari ini saya penerima beasiswa tapi kelak saya akan jadi pemberi beasiswa. Jadi anda hari ini terima beasiswa. Besok anda canangkan bahwa satu saat saya akan memberi beasiswa," ujarnya.

Anies juga berpesan menjadi pemberi beasiswa bukan berarti harus menjadi pengusaha maupun orang kaya. Melainkan, kata Anies, menjadi bagian dari proses tersebut.

 Anies berharap penerima beasiswa juga berkomitmen untuk menjadi bagian yang nantinya akan memberikan beasiswa kepada generasi berikutnya. Anies berharap penerima beasiswa juga berkomitmen untuk menjadi bagian yang nantinya akan memberikan beasiswa kepada generasi berikutnya. Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom

"Pak Sutiyoso cerita, beliau dulu dari bawah, sepatu aja nggak pakai. Sekarang beliau memberikan beasiswa pada ratusan ribuan orang," tuturnya.

Anies berharap penerima beasiswa juga berkomitmen untuk menjadi bagian yang nantinya akan memberikan beasiswa kepada generasi berikutnya. Ia juga berharap beasiswa ini akan menjadi motivasi bagi penerima beasiswa.

"Selamat berkarya, selamat belajar, selamat berprestasi," ucap Anies.

Dalam kesempatan ini, Anies juga menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan Beasiswa Jakarta.

"Atas nama Pemprov DKI, saya mengucapkan terimakasih dan saya apresiasi atas kerja mulia selama ini. Ini bagian bukan hanya mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi ini adalah mensejahterakan kesejahteraan umum lewat pendidikan. Semoga dicatat sebagai amal soleh," tutur Anies.

Turut hadir dalam acara ini mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso yang juga Ketua Pembina Yayasan Jakarta Beasiswa dan jajaran SKPD Pemprov DKI. Pemberian ini diharapkan bagi keluarga tidak mampu dapat meringankan dalam pembiayaan pendidikan anak-anaknya sekaligus memotivasi untuk berprestasi lebih tinggi.

Ada empat kategori penerima beasiswa. Beasiswa untuk mahasiswa D3 dan S1 Pemohon baru sebanyak 1.891 masing-masing Rp 4.200.000. Beasiswa untuk mahasiswa lanjutan dari tahun 2015/2016 sebanyak 592 orang dan 2016/2017 sebanyak 1.509 orang masing-masing Rp 4.200.000.

Beasiswa untuk bantuan penulis skripsi/tugas akhir sebanyak 528 orang masing-masing Rp 3.000.000. Dan beasiswa untuk bantuan mahasiswa S2, S3 untuk penulisan thesis 35 orang, disertasi 6 orang, dengan total dana Rp 310.500.000. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait