Karimun

Puluhan Nakhoda dan ABK Jalani Tes Urine di Pelabuhan Karimun

Maman | Sabtu 23 Dec 2017 15:12 WIB | 2960



Kasat Narkoba Polres Karimun AKP Nendra Madya Tias S.I.K, saat memantau para Nakhoda dan ABK menjalani tes urine, Sabtu


MATAKEPRI.COM, Karimun - Untuk memaksimalkan pelayanan serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut pada saat belayar, Kepolisian Resort (Polres) Karimun melalui Satuan Narkoba (Sat Narkoba) Polres Karimun, mengelar tes Urine terhadap Nakhoda dan Anak Buah Kapal ( ABK), Sabtu (23/12/201) pagi di Ruang VIP Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan test urine itu, diawali dengan Apel bersama yang diikuti sebanyak 23 personil gabungan Polres Karimun dan Badan Nasional Narkotika Kabubaten (BNNK) Karimun. Apel bersama itu, dipimpin oleh Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Karimun AKP Nendra Madya Tias S.I.K.

Kapolres Karimun melalui Kasat Narkoba Polres Karimun AKP Nendra Madya Tias S.I.K mengatakan bahwa tes urine itu diikuti sebanyak 40 orang Nakhoda dan ABK kapal domestik yang datang maupun yang akan berangkat dari Tanjung Balai Karimun. Dari hasi keseluruhan tes urine tersebut, dinyatakan Negatif.

"Dari sebanyak 40 orang Nakhoda maupun ABK yang kita test, hasilnya dinyatakan Negatif. Nakhoda maupun ABK yang kita test adalah Nakhoda dan ABK kapal Domestik yang berangkat maupun yang masuk ke Karimun," jelasnya.

Dikatakan, tujuan daripada test urine yang dilakukan tersebut, adalah untuk memastikan bahwa para awak Kapal Nakhoda maupun ABK, terbebas dari narkoba maupun pengaruhnya saat mengoprasikan kapal dalam membawa penumpang.

Hal itu, lanjutnya, merupakan upaya untuk memaksimalkan pelayanan maupun untuk  mengantisipasi akan terjadinya kecelakaan laut pada saat kapal belayar. Tentunya dalam rangka  libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, arus mudik maupun arus balik.

"Kegiatan ini, tentunya untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta jaminan keselamatan bagi penumpang yang akan berlibur dalam arus mudik maupun arus balik nantinya," pungkasnya. (hasian).



Share on Social Media